Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Membangun promosi Wisata Bahari lewat Pelatihan Selam untuk Jurnalis


PEMUDA MARITIM - Komunitas wartawan yang tergabung dalam Dive Jurnalis pada 12 – 13 Mei 2017 melaksanakan pelatihan diving di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta.  Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Pemkab Kepulauan Seribu tersebut diikuti sekitar 35 jurnalis dari berbagai media baik cetak, elektronik maupun online.

Bupati Kepulauan Seribu, H Budi Utomo yang menyambut para peserta pelatihan diving untuk jurnalis itu menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi program ini. Hal itu mengingat pesona wisata bahari khususnya di Kepulauan Seribu perlu dipromosikan dalam bentuk pemberitaan.

“Wujudkan Poros Maritim Dunia, Kepulauan Seribu bisa dijadikan suatu model karena letaknya yang dekat dengan Ibukota DKI Jakarta,” ujar Budi dalam sambutannya.

Maka dari itu jika Kepulauan Seribu terbangun maka Budi Utomo yakin kepulauan-kepulauan lainnya di Indonesia juga dapat dikembangkan. Salah satu potensi kemaritiman yang dimiliki oleh Kepulauan Seribu adalah pariwisata baharinya.

“Kepulauan ini menjadi tujuan wisata bagi warga Jakarta ingin melihat nuansa kepulauannya. Namun warga Jakarta sendiri masih belum banyak yang tahu keindahan wisata bahari di sini,” tambahnya.

Sehingga dari program pelatihan diving ini diharapkan, keindahan alam Kepulauan Seribu bisa ter-expose baik kepada warga Jakarta sendiri maupun seluruh Indonesia.

Senada dengan Bupati Kepulauan Seribu, Ketua Panitia Pelaksana acara ini, Neli Situmorang menyatakan bagi seorang jurnalis yang ingin mengangkat keindahan bawah laut suatu daerah harus memiliki kemampuan dasar menyelam terlebih dahulu.

“Supaya dapat menjiwai apa yang dia lihat dan dia rasakan. Oleh karena itu pelatihan ini memiliki tujuan untuk mencetak para jurnalis yang punya kemampuan dan jiwa untuk memajukan wisata bahari kita,” kata Neli.

Lebih lanjut dia mengatakan pesona wisata bahari di Kepulauan Seribu sebagai beranda Ibukota DKI Jakarta harus dipromosikan seoptimal mungkin agar paling tidak warga Jakarta memiliki semangat maritim melalui kegiatan berwisata bahari.

Sedangkan bagi para jurnalis, Neli menambahkan event ini sekaligus mengenalkan selam (dive) sebagai salah satu olahraga air yang mengasyikan. Karena selama ini banyak masyarakat umum bahkan jurnalis sendiri yang berpandangan bahwa olahraga selam merupakan olahraga yang sulit dan menakutkan.

“Semoga program ini terus berkesinambungan dan semakin banyak para jurnalis yang terpanggil untuk mengikuti latihan dasar ini. Dengan begitu saya yakin pesona bawah laut negeri kita yang indah ini akan terus diperkenalkan,” pungkasnya.

Selain Kementerian Pariwisata dan Pemkab Kepulauan Seribu, program ini juga didukung oleh Kopaska TNI AL yang bertindak sebagai instruktur selam. Acara ini merupakan kali kedua dilaksanakan setelah tahun lalu dilaksanakan di Pantai Bangsring, Banyuwangi.

Sumber: maritimnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply