Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Perlancar arus Distribusi, 3 Pelabuhan Penting Dibangun di Maluku Utara


PEMUDA MARITIM - Usai menghadiri puncak Budaya Maritim Pesta Laut "Mappanretasi" di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja lintas daerahnya ke Maluku Utara. Di sini Presiden Jokowi meresmikan fasilitas Pelabuhan Laut Tapaleo, Pelabuhan Laut Wayabuka dan Pelabuhan Bicoli di Pelabuhan Laut Tapaleo, Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah.

Berdasarkan siaran pers Istana, Senin (8/5/2017), Presiden Jokowi mengatakan Provinsi Maluku Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi prioritas untuk pembangunan infrastruktur pelabuhan.

"Negara kita negara besar. Ada 17 ribu pulau. Tetapi baru sebagian kecil yang memiliki pelabuhan. Oleh karena itu, disini termasuk yang kami berikan prioritas. Alhamdulilah dalam 3 tahun pembangunan ketiga pelabuhan (Tapaelo, Bicoli dan Wayabula) selesai," ungkap Jokowi.

Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Menhub Budi Karya Sumadi agar Pelabuhan Tapaleo ini dapat disinggahi kapal perintis dan kapal Feri dengan frekuensi masing-masing dua kali sebulan.

"Sekarang kan dua minggu sekali. Kalau bisa tambah jadi seminggu sekali. Kalau bisa sehari sekali. Kenginan harus seperti itu. Harus lebih baik dan baik lagi," imbuhnya.

Sementara itu Menhub Budi mengaku sebelumnya telah berdiskusi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan frekuensi kapal.

"Ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) kami untuk meningkatkan frekuensi kapal di Pelabuhan Tapaleo dan dua pelabuhan lainnya. Kami sudah diskusi dengan Pemda dan Bupati," ujar Menhub Budi.

Menurutnya, Pelabuhan Tapaleo dibangun selama tiga tahun mulai dari 2014 hingga 2017. Dengan kedalaman kolam pelabuhan hingga 15 Lws yang mampu disinggahi kapal berkapasitas 1000 DWT.

Demikian pula dengan dua pelabuhan lainnya yaitu Pelabuhan Bicoli di Kabupaten Halmahera Timur dan Pelabuhan Wayabula di Kabupaten Morotai yang memiliki kapasitas yang sama.

Selain Ibu Iriana dan Menhub Budi, turut menyertai Jokowi dalam kunjungan tersebut antara lain Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.


Sumber: maritimnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply