Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pesona Pulau Kodingareng Keke Siap Mendunia

PEMUDA MARITIM - Pulau Kodingareng Keke merupakan keindahan tersembunyi dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Saking memesonanya, pulau tak berpenghuni itu tengah dikembangkan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk menjadi destinasi wisata dunia.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Makassar menilai potensi wisata pulau itu tidak kalah indah dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Dinas terkait pun terus berbenah dengan pulau tersebut.

Pulau Kodingareng Keke berbentuk memanjang dari timur laut hingga barat daya. Masuk ke dalam salah satu pulau dari 11 pulau yang ada di wilayah Kota Makassar. Salah satu keistimewaan Pulau Kodingareng Keke adalah kedua sisi pulau mempunyai jenis pasir yang berbeda. Jika di bagian utara, pulau tersebut pasirnya halus, sedangkan di bagian selatan berbentuk kerikil dan pecahan karang halus.

Panorama alam sangat harmonis. Paduan hamparan pasir putih dan biru laut yang dihiasi terumbu karang dengan berbagai macam biota laut, akan memanjakan mata para wisatawan. Kekayaan bawah laut Kodingareng Keke menjadikannya sebagai tempat favorit bagi para pencinta menyelam dan snorkeling.

Akses menuju Pulau Kodingareng Keke dapat melalui dermaga Kayu Bangkoa, terletak di Jalan Penghibur, Kota Makassar. Dermaga Kayu Bangkoa merupakan salah satu pintu untuk mengakses pulau-pulau di gugusan Spermonde (kumpulan puluhan pulau kecil di Makassar).

Dari dermaga, wisatawan bisa menyewa perahu motor yang biasa disebut pa’palimbang atau jollorok. Waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit hingga 1 jam, tergantung cuaca. Untuk biaya penyeberangan, pengunjung dikenai tarif mulai dari Rp500 ribu hingga Rp600 ribu.

Di pulau ini terdapat 5 petak balai yang disewakan. Jadi tidak perlu khawatir tempat untuk beristirahat. Untuk menikmatinya, dikenakan biaya sewa sebesar Rp50 ribu. Jika tidak ingin menyewa, pengunjung bisa membawa tikar sendiri.


Sumber: Kabar OKE

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply