Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Gelar Latanglamil, Kolinlamil Tingkatkan Profesionalitas Prajurit


PEMUDA MARITIM - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar Latihan Angkutan Laut Militer (Latanglamil) tahun 2017 yang dibuka  Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksma TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. mewakili Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E, M.AP. di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Senin (12/6).

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit serta unsur Kolinlamil dalam pelaksanaan operasi angkutan laut militer (Anglamil) untuk melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latihan ini direncanakan berlangsung selama lima hari, mulai 12 – 16 Juni 2017, dengan tema "Kolinlamil Melaksanakan Operasi Pendaratan Administrasi di Wilayah Barat Indonesia Guna Pemindahan Unsur – unsur Kekuatan Kogasgabrat Untuk Melaksanakan Operasi Darat Lanjutan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Operasi Gabungan TNI "..

Dalam amanatnya Kasal yang disampaikan Kadisopslatal mengatakan, Kolinlamil sebagai Kotama Binops mempunyai tugas menyelenggarakan operasi angkutan laut  Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang meliputi personel, alat peralatan dan perbekalan baik yang bersifat taktis, strategis maupun administratif dalam rangka operasi militer perang maupun operasi militer selain perang, perlu dilaksanakan kegiatan latihan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut.

Menurutnya, latihan angkutan laut militer tahun 2017, adalah implementasi dari upaya pembinaan personel dan materil Kolinlamil, dimana latihan ini merupakan sarana evaluasi dari hasil pembinaan yang telah dilaksanakan oleh tiap-tiap unsur Kolinlamil.

"Latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel dalam pelaksanaan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada operasi pendaratan administrasi," jelas Kasal.

Kasal juga minta agar dalam pelaksanaan latihan skenarionya disesuaikan dengan keadaan riil yang ada di lapangan dan mengacu pada perkembangan situasi nasional, regional dan global yang sedang terjadi saat ini.

"Saya berharap melalui momentum latihan ini, para perwira dapat meningkatkan kemampuan perencanaan, dan analisa dalam proses PPKM pada operasi pendaratan administrasi," ujarnya.

Sementara itu, Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Andi Abdul Azis selaku perancang latihan, menjelaskan bahwa Latihan Angkutan Laut Militer tahun 2016, diselenggarakan dalam empat tahap latihan, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pengakhiran.

Kegiatan ini melibatkan sekitar 250-an personel yang terdiri dari Kolinlamil, Koarmabar, Satlinlamil Jakarta dan Surabaya, Pasmar II Jakarta, Koopsau I TNI AU dan Kostrad TNI AD serta Pelni serta menggunakan metode latihan Posko.

Hadir pada upacara pembukaan tersebut di antaranya Kas Koops I Jakarta Marsma TNI Henri Alfiandi, Staf Khusus Kasal Laksma TNI U.K. Agung dan Laksma TNI Dadi Hartanto.




Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply