Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pulau Selayar Surga yang Penuh Keindahan di Sulawesi Selatan



PEMUDA MARITIM - Sulawesi dianugerahi banyak sekali tempat yang indah untuk dijelajahi, salah satunya Pulau Selayar yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Kabupaten ini merupakan kabupaten kepulauan dengan 95 persen daerahnya merupakan perairan. Tak hanya pantai saja yang bisa Anda nikmati di Pulau Selayar, sejarahnya pun bisa Anda dapatkan di Kepulauan Selayar ini.

Anda tidak akan menyesal datang ke pulau ini karena panorama alamnya sangat eksotis. Pasir putih, debur ombak yang bersahabat, hijaunya pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai, dan air laut yang berkilau seperti kristal akan langsung membuat Anda takjub. Tempat yang cukup populer untuk snorkeling dan diving ada di Selayar Island Resort. Tempat ini juga punya Dive Center yang menawarkan kursus diving bersertifikat. Spot yang ditawarkan sangat menawan. Jika Anda memang masih amatir di dunia snorkeling, Anda bisa ikut kursus. Namun jika Anda sudah mahir, Anda akan diajak menuju ke spot menantang yang akan menambah pengalaman Anda mengeksplorasi suasana bawah laut di Pulau Selayar.

Di Pulau Selayar ada banyak titik penyelaman yang siap memanjakan dahaga para penikmat panorama bawah laut, yaitu Takabonerate meliputi Rajuni, Tinanja, Tinabo Slope, Belang-belang, Latondu Wall; Pantai Timur Selayar meliputi Desa Wall, Magic Wall 2, Bulo-buloang, Cave Lobster, Seafan Corner; dan Pantai Barat Selayar meliputi Tambolongan Reef, Manta Pont 2, Black Forest, Pasi Reef, Black Ray, Taka Beni, dan Balagnipa.

Tiap titik penyelaman memang unik dan punya karakter berbeda. Misalnya, di pantai bagian barat cenderung landai dengan aneka satwa seperti siput laut dan terkadang hiu melintasi titik penyelaman ini. Sementara di pantai bagian barat banyak dilihat penyu, ikan duyung atau dugong, dan ikan pari raksasa yang sering terlihat pada bulan Juli. Sedangkan di titik penyelaman Takabonerate sangat terkenal dengan terumbu karang yang indah dan ikan-ikan koral dengan bentuk dan warna lucu dan menarik. Pada bawah laut dari Takabonerate ini memiliki karang atol dengan luas 220.000 hektar dan merupakan karang atol terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia. Jika Anda tertarik untuk snorkeling dan diving, kamu bisa memilih waktu antara bulan Oktober – November dan bulan Maret – April. Cuaca yang bersahabat dalam bulan-bulan tersebut akan membuat kamu makin maksimal saat snorkeling di Pulau Selayar.

Di Pulau Selayar terdapat beberapa benda bersejarah yang unik. Misalnya, jangkar raksasa yang terdapat di Pantai Padang. Jangkar ini merupakan jangkar kapal besar asal Cina milik saudagar kaya bernama Gowa Liong Hui yang pernah singgah ke pulau ini. Benda bersejarah lainnya adalah Nekara yang berasal dari zaman perunggu. Nekara di pulau ini berbentuk seperti gong dengan gambar bintang, gajah, pohon kelapa, bintang, ikan, katak, burung merak dan bangau di sekelilingnya.

Anda juga dapat melihat bagaimana kebudayaan dan kehidupan masyarakat setempat yang unik. Berada di Pantai Padang, ada perkampungan nelayan sehingga Anda dapat melihat berbagai aktivitas nelayan mulai dari persiapan melaut, berbagai perlengkapan untuk menangkap ikan sampai bagaimana mengolah ikan hasil melaut. Yang unik lainnya adalah perkampungan Toa Bitombang yang merupakan kampung tertua di pulau ini. Keunikan dari perkampungan ini adalah rumah-rumah beratap bambu dengan penopang kayu yang tinggi di bawahnya sehingga rumah berada di atas permukaan tanah dengan jarak yang cukup tinggi.

Topografi desa yang berbukit menciptakan keunikan lain dari penopang ruamh. Misalnya, rumah yang berada pada dataran yang tidak rata, maka dibuat tiang penopang dengan tinggi 2-3 meter pada bagian depan dan tiang penopang dengan tinggi 13-15 meter pada bagian belakang menjadikan rumah ini terlihat unik. Tiang-tiang rumah menggunakan kayu bitti atau holasa yang memiliki kualitas yang baik. Inilah alasan mengapa rumah-rumah di perkampungan ini tetap kokoh walau telah berusia ratusan tahun.

Keunikan lain dari desa ini adalah penduduknya yang sebagian besar sudah berusia lanjut, dengan usia di atas 90 tahun tetapi masih dapat bekerja atau melakukan aktivitas produktif seperti beternak dan berkebun. Suasana desa sangat terasa dari aktivitas penduduk, rumah-rumah, perkebunan atau hewan-hewan ternak milik penduduk. Di Pulau Selayar ada pantai yang bisa dikunjungi seperti Pantai Liang Kareta, Pantai Male-Malea, Pantai Liang Tarussu, Pantai Jeneiya, Pantai Baloiya yang termasuk dalam kawasan pantai Barat.

Kemudian di kawasan pantai timur ada pantai bone tappalang, pantai ngapaloka, pantai pinang, pantai batang, pantai hara dan pantai bonesialla dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menuju Pulau Selayar melalui darat dari Makasar ke Pelabuhan Bira, Bulukumba, terdapat feri dengan lama perjalanan 2 jam, alternatif lain adalah dengan pesawat Makasar–Selayar. Dari Pelabuhan Pamatata Selayar ke Kota Benteng ibukota Selayar 1 jam perjalanan, kotanya bersih, dan jalannya tidak begitu lebar.


Sumber: ksmtour.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply