Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Baling-Baling Tumbak: Pulau dengan Panorama Menakjubkan di Sulawesi Utara


PEMUDA MARITIM – Pulau Baling-baling tidak sepopuler Bunaken, faktanya, ada banyak wisatawan yang tidak tahu tentang keberadaan pulau ini. Meski begitu, keindahan Pulau Baling-baling sama seperti Bunaken.

Pulau Baling-baling adalah pulau kecil berbentuk bulat. Pulau ini masih berada di wilayah Tumbak, sebuah desa nelayan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, tepatnya di Desa Tumbak, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar tiga jam perjalanan dari pusat kota Manado. Pulau ini memiliki keindahan alam yang tak kalah indah dengan Bunaken. Pantai pasir di pulau itu putih putih, dengan air laut biru jernih.

Panorama bawah air di pantai ini juga bagus. Di pulau ini, Anda bisa melakukan memancing, snorkeling dan menyelam. Apalagi di Pulau ini ada bukit kecil yang cocok sebagai tempat menikmati panorama matahari terbit atau terbenam. Nuansa dramatis di sekitar tempat akan cocok bagi mereka yang memiliki momen untuk melakukan pemotretan pre-wedding.

Cobalah untuk mendaki bukit kecil yang berada di sisis pulau. Dalam pendakian, akan terasa cukup berat  karena medan yang cukp terjal. Tiba di puncak, hembusan angin kencang sangat terasa. Dari puncak ini, Anda dapat melihat pemandangan hamparan air laut yang biru. Airnya yang jernih sehingga karang-karang yang berada di bawah air dapat terlihat dengan jelas. Di sisi kiri akan terlihat Pulau Ponteng yangmenjulang sementara di bagian kanan terdapat Pulau Tumbak yang sangat dekat.

Bagi Anda yang ingin tinggal di Pulau Baling-baling, ada pondok yang tersedia yang terletak di laut Tumbak dan dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Desa Tumbak dengan perahu motor. Selain itu, beberapa homestay juga sudah mulai dibangun di sini. Tidak ada penjual atau warung makan di pulau ini. Untuk makanan, Anda bisa mendapatkannya di desa Tumbak, atau membawa makanan dan minuman Anda sendiri.


Mencapai Lokasi

Pulau Baling-baling dapat diakses melalui kota Manado. Jaraknya hanya sekitar tiga jam perjalanan dari kota Manado dengan kendaraan darat.

Rute dari Manado ini, Anda bisa langsung menuju desa Tumbak. Dari desa Tumbak, Anda bisa sampai ke  Pulau Baling-baling dengan menggunakan kapal motor. Mungkin butuh sekitar 15 menit lagi.


Sumber: pedomanwisata.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply