Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bhakti TNI AL 2017, Lantamal V Gelar Pengobatan Gratis


PEMUDA MARITIM – Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) siap menggelar Bhakti TNI AL tahun 2017 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri pada Minggu, 23 Juli 2017 mendatang, dan siap melayani pengobatan gratis bagi 1.280 pasien yang di pusatkan di Stadion Canda Bhirawa, Pare, Kediri. Kesiapan pengobatan gratis di Pare Kediri ini, diungkapkan Komandan Satgas Bhakti TNI AL 2017 yang sehari hari menjabat Kepala Dinas Potensi Maritim, Pangkalan Utama TNI AL V (Kadispotmar Lantamal V) Letkol Laut (P) Didik Dwijantoko, Kamis (20/7).

Lebih lanjut Didik mengatakan bahwa Bhakti TNI AL 2017 ini merupakan program dari Mabesal yang pelaksananya Pangkalan TNI AL. Ada kegiatan serupa tahun ini yang digelar bersamaan yakni di Denpasar Bali dan Cirebon.

Persiapan kegiatan ini telah di laksanakan jauh jauh hari, mulai mendapatkan direktif pelaksanaan Bhakti TNI AL dari Mabesal, dilanjut Surat Perintah dari Komandan Lantamal V, pelaksanaan  koordinasi intens dengan pihak Pemkab Kabupaten Kediri dan jajarannya, instansi terkait, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, sehingga Ia berkeyakinan komunikasi yang sudah terjalin baik akan mengbuahkan hasil maksimal dalam gelaran Bhakti TNI AL di Pare nanti.

Kegiatan bakti sosial TNI AL di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri dibagi dalam beberapa kegiatan baik fisik maupun non fisik. Kegiatan non fosik diantaranya pelaksanaan komunikasi sosial berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum, kesehatan dan kemaritiman yang akan digelar pada hari Sabtu (22/7) di SMAN 1 Pare, Kediri.

Sedangkan Bakti TNI AL secara fisik diantaranya pemavingan jalan, pemasangan kanopi musholla, renovasi MCK di pesantren, renovasi rumah tidak layak huni yang pengerjaannya sudah di mulai H-20 dan bakti sosial kesehatan berupa pengobatan gratis yang dimotori oleh Dinas Potensi Maritim Lantamal V, Dinas Kesehatan Lantamal V,  Batalyon Kesehatan Marinir Pasmar-1, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V, Pemkab Kediri dan Paguyupan Medikal Kediri (PMK).

Selain tenaga medis dan para medis dari TNI AL dan Pemkab Kediri, PMK juga menerjunkan beberapa dokter spesialis seperti penyakit dalam, mata, bedah, urologi, dan obgyn. Ada juga dokter umum, perawat umum, perawat sunat /bedah, dan bidan.

Dalam kegiatan Bhakti TNI AL melalui Lantamal V ini, akan memberikan beberapa pelayanan gratis kepada warga masyarakat,  antara lain pengobatan umum dengan menargetkan pelayanan kepada 500 pasien, 50 pasien Khitan /sunat, Bedah minor  30 orang, KB (pemasangan implant, iud ) 50 orang, Pemeriksaan laboratorium 150 orang, Donor darah 200 orang, pemeriksaan dan penyuluhan gigi  50 orang anak SD, Pemeriksaan pap smear bagi peserta BPJS dan Askes 150 orang, pelayanan kaca mata baca gratis 150 orang dan pengobatan akupuntur.

Untuk material kesehatan termasuk rumah sakit lapangan, obat obatan, meja geneologi, USG mobil beberapa alat kesehatan lainnya merupakan peralatan yang dimiliki oleh TNI AL namun ada juga yang merupakan fasilitas dari PMK (Paguyupan Medikal Kediri) dan bantuan dari pemerintah kabupaten Kediri termasuk tempat pebgobatan gratis yang dipusatkan di Stadion Canda Bhirawa dan sekolah MTsN Pare.

Dengan adanya kegiatan Bhakti TNI AL yang dilakukan Lantamal V  ini, diharapkan dapat mendatangkan manfaat dan diterima baik oleh masyarakat khususnya masyarakat di kecamatan Pare, Kediri.

Menurut Didik, acara Bhakti TNI AL di Pare Kediri ini merupakan kegiatan pertama, selain pembangunan fisik, non fisik dan pengobatan gratis terbuka untuk umum, kegiatan ini akan menyuguhkan atraksi menarik, menghibur dan langka diantaranya atraksi terjun payung dan demo pembebasan sandra oleh pasukan khusus TNI AL (Taifib dan Pasukan Katak), Kolone Senjata dari prajurit Yonmarhanlan Lantamal V, pentas seni oleh Band Dewi Laut Kowal Surabaya dan suguhan tari tarian tradisional Kediri dari siswa/siswi SMA di Kediri.





Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply