Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Destinasi Wisata Sikka Tonjolkan Budaya & Bahari


PEMUDA MARITIM – Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki berbagai destinasi wisata di antaranya Ende, Larantuka, Labuan Bajo, Sikka dan lainnya. Masing-masing destinasi wisata di Flores memiliki daya tarik tersendiri seperti Kabupaten Sikka. Menurut penuturan Theresia Isidores Fernandez dari Tour Operator di Flores, Kabupaten Sikka terletak di bagian tengah Pulau Flores.

Kini, Sikka menjadi salah satu destinasi wisata bagi turis asing maupun domestik yang menyukai budaya dan wisata ziarah/rohani. Theresia menjelaskan, Sikka menawarkan sejumlah aktivitas wisata diantaranya, budaya, bahari, petualangan dan rohani bagi umat Katolik. Namun wisata budaya kata dia menjadi aktivitas wisata unggulan Kabupaten Sikka.

Selanjutnya dikatakan Theresia, wisatawan leisure dapat melakukan aktivitas wisata bahari salah satunya snorkling sembari menyusuri lempengan di dasar laut yang terbentuk saat gempa pada 1992 lalu.

Menurut Theresia, Lempengan itu hanya satu-satunya di dunia. Itu lokasinya di Pulau Babi di kawasan wisata Teluk Maumere Kabupaten Sikka.

Dia mengungkapkan selama tahun 2016 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sikka sebanyak 500 ribuan orang. Dari jumlah tersebut 60 persennnya turis asing dan sebanyak 40 persen domestik.

Menurutnya baik turis asing maupun domestik yang datang ke Sikka memiliki tujuan tersendiri. Kalau wisatawan asing lebih suka kegiatan wisata budaya dan bahari atau laut. Sedangkan wisata ziarah, domestik yang mengungguli.

Terkait fasilitas wisata di Sikka kata dia sudah lengkap. Bahkan pemerintah setempat melakukan pembenahan sejumlah fasilitas wisata dan penambahan akomodasi.



Sumber: balitribune.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply