Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » HUT ke 56 Kolinlamil, Tumbuhkan Jiwa Bahari untuk Poros Maritim Dunia


PEMUDA MARITIM – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati puncak hari jadinya ke-56 dalam sebuah upacara militer yang dipimpin langsung Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP di Lapangan Apel, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (5/7). Pada momentum di usianya yang lebih dari setengah abad ini, Kolinlamil berkomitmen terus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam konektivitas maritim dan tol laut.

Upacara yang dihadiri para mantan Panglima Kolinlamil ini berlangsung pagi hari dan usai libur cuti hari raya Idul Fitri 1438 H. Usai pelaksanaan upacara, ditampilkan Parade Defile para prajurit Kolinlamil, Penyerahan penghargaan untuk KRI Banjarmasin-592 sebagai KRI Teladan dan Tamtama Teladan 2016 Kolinlamil Kelasi Satu Tlg Anang Susanto prajurit KRI Teluk Lampung-540 serta penyerahan Cinderamata untuk para mantan Pangkolinlamil.

Menjelang peringatan hari jadinya, Kolinlamil telah menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahunnya, di antaranya bakti kesehatan untuk masyarakat, seperti fogging di Perumahan TNI AL Cilincing, Tanjung Priok dan Sunter, donor darah, penyuluhan kesehatan, Sarasehan, Lomba Pemilihan KRI dan Tamtama Teladan, Lomba Ton Prajurit Tangkas, Bersih-bersih Danau Sunter, Lomba Musik Akustik dan Bazar Murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H serta Mudik Bersama BNI.

Peringatan hari ulang tahun ke-56 Kolinlamil merupakan ungkapan rasa syukur, serta menjadi momentum introspeksi dan evaluasi untuk meningkatkan kinerja. dalam pengabdiannya. Kolinlamil sebagai Kotama operasi telah menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI dengan baik. sedangkan sebagai Kotama pembinaan, telah membina kemampuan sistem dan kesiapan operasional angkutan laut militer, serta potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan yang dapat diandalkan.

"Saat ini Kolinlamil memasuki tahun ke-56, Kolinlamil siap dengan semangat World Class Navy menumbuhkan jiwa kebaharian dalam rangka mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia," kata Pangkolinlamil kepada media.

Pangkolinlamil menuturkan, 2015 lalu KRI Banjarmasin-592 telah menyukseskan World Expo Milan 2015. Di mana itu merupakan salah satu event terbesar dunia yang diikuti oleh lebih dari 145 negara di Genoa, Italia.

"Selain World Expo Milan 2015, Kolinlamil juga sukses turut mendukung penanggulangan kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, kemudian baru-baru ini juga melaksanakan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2016 dengan KRI Banda Aceh 593," ucapnya.

Panglima Kolinlamil mengatakan bahwa peringatan hari ulang tahun ke-56 kolinlamil merupakan ungkapan rasa syukur,  serta menjadi momentum introspeksi dan evaluasi untuk meningkatkan kinerja. dalam pengabdiannya, kolinlamil sebagai Kotama operasi telah menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI dengan baik. Sedangkan sebagai Kotama pembinaan, kolinlamil telah membina kemampuan sistem dan kesiapan operasional angkutan laut militer, serta potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan yang dapat diandalkan.

"Ini merupakan salah satu implementasi program Konektivitas maritim dan tol laut dalam rangka menyukseskan Indonesia sebagai poros maritim yang merupakan visi dan misi pemerintah untuk meningkatkan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil, dan wilayah perbatasan," pungkasnya.

Sedangkan beberapa kegiatan lainnya dalam penyelenggaraan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), Kolinlamil dengan unsur KRI binaannya baik di jajaran Satlinlamil Surabaya maupun Jakarta, setiap tahunnya selalu mengoperasikan beberapa KRI untuk mendukung kegiatan bakti sosial dan kesehatan.

Misalnya Operasi Surya Bhaskara Jaya, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB), Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara, Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB), Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI) dan pembinaan Pramuka Saka Bahari serta Program Santri Bela Negara.




Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply