Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Indonesia Hadiri Sidang ke-17 NIOHC di Kairo


PEMUDA MARITIM – Seiring dengan upaya meningkatkan kiprahnya baik di tingkat regional, nasional maupun internasional, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) sebagai Lembaga Hidrografi nasional mengajukan proposal untuk menjadi anggota North Indian Oceans Hydrographic Commission (NIOHC) mewakili pemerintah Republik Indonesia.

Guna mewujudkan hal tersebut,  Delegasi Indonesia  yang diwakili Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dan Direktur Pengamanan dan Kerjasama Perbatasan (Dirpamkersamtas) Pushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono menghadiri sidang North Indian Oceans Hydrographic Commission (NIOHC) di Cairo, Mesir, Kamis  (20/7).

Kehadiran personel Pushidrosal yang mewakili Indonesia tersebut sebagai observer dalam kegiatan sidang ke-17 NIOHC  yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 20 Juli tersebut, berkaitan dengan proposal yang telah diajukan Pushidrosal untuk bergabung dalam NIOHC.

Pertemuan NIOHC ke-17 di Cairo Mesir ini diikuti beberapa negara di antaranya Bangladesh, Srilangka, India, Mesir, Myanmar, Saudi Arabia, Thailand dan Inggris (member), Prancis, Amerika Serikat, Mauritius, Oman (Assocciate Member), serta  Indonesia dan Russia sebagai Observer.  Selain itu, pertemuan tersebut juga diikuti oleh beberapa Organisasi Internasional seperti IHO, IALA, GEBCO, serta PERSGA. Salah satu pokok bahasan dalam sidang NIOHC ini adalah membahas tentang proposal Indonesia untuk bergabung dalam organisasi hidrografi di wilayah Samudera Hindia ini.

Dengan kehadiran Indonesia dalam sidang NIOHC ke-17,  Pushidrosal yang merupakan wakil dari Pemerintah Indonesia sebagai lembaga hidrografi nasional dapat turut berpartisipasi sebagai anggota NIOHC berdasarkan pertimbangan bahwa perairan Indonesia pada sisi barat dan selatan juga merupakan bagian dari Samudera Hindia sehingga Indonesia merupakan negara yang termasuk dalam kawasan Samudera Hindia.

Pushidrosal berharap dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan serta peningkatan peran NIOHC sebagai organisasi hidrografi dan oseanografi di wilayah regional Samudera Hindia, terutama terkait dengan pengalaman serta peran aktif Indonesia selama ini dalam organisasi hidrografi yang lainnya.




Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply