Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Mengenal Pulau Maratua dan Derawan di Kalimantan Timur


PEMUDA MARITIM Pulau Maratua dan Derawan adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi, berbatasan dengan Malaysia. Pulau Maratua termasuk bagian wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Untuk berwisata di pulau Maratua dan Derawan ini, lebih baik pergi berombongan karena biata sewa kapal dan penginapan bisa menjadi lebih murah. Idealnya, pergi berlima atau berenam. Sewa kapal kecil keliling Maratua dan Derawan sebesar Rp. 200.000 - Rp. 400.000 per hari.

Pulau Derawan ini tidak terlalu luas. Kita bisa mengelilinginya dalam 45 menit dengan berjalan kaki. Sedangkan untuk menyisir Pulau Maratua, kita membutuhkan kendaraan seperti sepeda atau motor, karena pulau ini lebih luas dari derawan. Untuk menyewa motor, kita bisa meminta bantuan pihak hotel atau penduduk sekitar. Tarifnya per hari adalah Rp. 50.000 - Rp. 70.000 belum termasuk bahan bakar.

Jika, kita ingin lebih puas, sebaiknya menyewa speedboat kecil dengab tarif Rp. 300.000 - Rp. 500.000. Informasi penyewaan speedboat bisa kita dapatkan dari nelayan setempat atau pihak hotel tempat kita menginap. Untuk objek wisata yang hanya kita nikmati dengan speedboat.


Pulau Derawan


Orang awam mungkin sudah mendengar keindahan Pulau Derawan. Bahkan, keindahan bawah lautnya pun sudah tersohor. Konon, banyak penyelam mengatakan bahwa keindahan bawah laut Derawan terbagus setelah Raja Ampat.

Alam Derawan sangat tepat bagi para pecinta pantai yang menginginkan ketenangan. Pulau-pulaunya yang menyendiri, menghadirkan pribasi. Pantai-pantainya terbentang menyuguhkan panorama alam yanv memukau setiap mata yang memandangnya.

Saat yang baik untuk memotret pantai di Derawan adalah pada siang dan sore hari. Saat itu pasir putih menciptakan gelombang yang sangat indah.


Pulau Maratua


Untuk menjelajahi pulau ini disarankan untuk menyewa sepeda motor. Sayangnya, jalan yang dibangun tidak begitu panjang. Belum ada jalan yang mengelilingi pulau. Jadi ketika sudah tiba di ujung jalan, kita harus berputar kembali ke tempat semula.

Daya tarik utama Pulau Maratua adalah sejumlah dive site yang telah menunggu untuk diselami. Tercatat, ada sekitar 6 situs penyelaman di sekeliling pulau beserta daya tariknya masing-masing. Big fish country, Shark city, Dolphin Parade, Lobster Café, Eagle Ray Run adalah sejumlah taman bermain atau dive site yang sudah populer dan kerap diselami di pulau ini.


Pulau Sangalaki


Pulau Sangalaki adalah pusat konservasi penyu dan dijuluki “The World Capital of Mantas”. Inilah spot terbaik untuk menyaksikan puluhan ikan pari yang berenang bebas dan melayang anggun di depan mata. Tidak hanya itu kita bisa menikmati penyu yang sangat banyak dan pemalu saat snorkling di perairan pulau ini.


Pulau Kakaban


Di sini terdapat sebuah laguna yang dihuni 4 spesies ubur-ubur yang unik, yang telah beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya sejak berabad silam. Berkat keunikan alam dan lingkungannya itulah, danau di pulau seluas 774 hektare ini pun menerima anugerah World Natural Heritage Area dari UNESCO pada 2004.


Pulau Nabucco


Beberapa ratus meter lepas pantai Pulau Maratua terdapat sebuah pulau mungil, yakni Nabucco. Di pulau yang tak kalah indah ini juva terdapat sebuah dive resort yang sering menjadi pilihab para diver yang ingin berpetualang di perairan Maratua.




Sumber: jdlines.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply