Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Operasi Patroli Bakamla RI Selamatkan Kapal Terbakar di Perairan Tanjung Ahus


PEMUDA MARITIM – Sebuah kapal penumpang bernama KM Tawindo II terbakar. Mengetahui informasi tersebut dengan sigap KAL Bokori yang sedang tergabung dalam Operasi Patroli Bakamla RI segera menuju lokasi kejadian dan melakukan upaya Search And Rescue (SAR). Para ABK beserta 80 penumpang berhasil diselamatkan dari kapal yang terbakar di Perairan Tanjung Ahus, Kalimantan Utara, (30/6) tersebut.

Kebakaran yang menimpa KM Tawindo II, ABK kapal langsung menghubungi dan meminta bantuan dari Nunukan maupun Tarakan.

Lantamal XIII Tarakan yang menerima informasi kejadian kecelakaan itu segera menghubungi KAL Bokori yang pada saat itu sedang melaksanakan operasi rutin Bakamla RI. Selanjutnya kapal yang dikomandani oleh Letda Laut (P) Aris Yuwono segera melaksanakan SAR terhadap KM Tawindo II. Kapal tiba pukul 16.00 WITA di lokasi kejadian dan berhasil melaksanakan evakuasi terhadap seluruh ABK dan penumpang ke KM Dua Putra dalam keadaan selamat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kebakaran itu sendiri terjadi sekitar pukul 13.15 WITA di kamar mesin kapal. Si jago merah melalap mesin induk sebelah kiri pada saat kapal yang dinakhodai oleh Mansur itu dalam perjalanan melintasi Perairan Tanjung Ahus (Karang Banda) dari Tawau menuju Tarakan, Sabtu (30/6). Mengetahui hal itu kapal segera melakukan lego jangkar dan upaya pemadaman.

Karena kejadian tersebut, kondisi mesin kapal rusak cukup parah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selanjutnya para awak kapal dan penumpang dievakuasi menggunakan KM Dua Putra untuk melanjutkan perjalanan ke Tarakan.




Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply