Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Pelabuhan Tanjung Priok bakal Diramaikan oleh Kehadiran Container Terminal 2 dan 3


PEMUDA MARITIM – Tak lama lagi, pelabuhan Tanjung Priok bakal diramaikan dengan kehadiran terminal baru yakni Container Terminal (CT) 2 dan 3 yang pembangunannya memasuki tahap pematangan lahan. "Kami tidak memakai system deck on pile, material lahan reklamasi CT 2 dan 3 diambil dari pengerukan kolam," jelas Direktur Teknik dan Manajemen Resiko PT Pelabuhan Indonesia II/IPC, Dani Rusli Utama kepada Maritimnews, Selasa (18/7).

Menurut Dani, CT 2 dan 3 seluas 150 hektar terdiri dari container terminal 2 (32 hektar), container terminal 3 (32 hektar), product terminal 1 (30 hektar), product terminal 2 (30 hektar), dan common area (26 hektar). Didukung kolam putar sepanjang 1 kilometer yang kedalamannya minus 16 LWS, break water 4 kilometer serta dermaga sepanjang 1,8 kilometer.

"Produk terminal kemungkinan peruntukannya untuk tangki-tangki minyak dan gas milik Pertamina, sedangkan kapasitas container terminal mencapai 3 juta TEUs," terangnya.

Setelah penimbunan reklamasi selesai, konstruksi lapangan penumpukan dan dermaga dilakukan secara simultan. Penimbunan reklamasi proyek pelabuhan harus dilakukan secara baik dan benar agar lapangan penumpukan yang dibangun di atasnya tidak amblas. "Direncanakan pembangunan CT 2 dan 3 Kalibaru akan rampung pada akhir tahun 2018," pungkas Dani.





Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply