Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Safari Pushidrosal Hidrografi di Koarmatim


PEMUDA MARITIM – Bertempat di gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmatim Surabaya, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar  Safari Hidrografi tahun 2017 untuk pertama kali dilaksanakan. Safari Hidrografi di Koarmatim ini merupakan salah satu institusi dari beberapa institusi yang menjadi sasaran Safari Hidrografi tahun 2017.

Kegiatan ini digelar  untuk mengenalkan lebih jauh tentang capaian-capaian dari Pushidrosal sesuai dengan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya berdasarkan amanah Keppres 164 tahun 1960 dan Peraturan Presiden Nomor 62 tahun 2016.

Selainitu Pushidrosal juga akan menyampaikan perkembangan kebutuhan dan kemampuan kehidrografian di Indonesia khususnya kapabilitas Pushidrosal. Sasarannya adalah agar stake holder kemaritiman dapat mengetahui lebih jauh tentang kemampuan dan produk-produk yang dihasilkan oleh Pushidrosal beserta manfaat dan kegunaannya.

Pangarmatim melalui sambutan yang dibacakan oleh KS Pangarmatim Laksamana Pertama TNI ING Ariawan menyampaikan kontribusi hidro-oseanografi semakin dibutuhkan di tengah pembangunan maritim yang semakin gencar. Negara kepulauan menjadi dasar pijakan kesadaran komunal tentang kemaritiman di Indonesia.

Meningkatnya pembangunan kemaritiman di segala bidang menuntut Pushidrosal berkontribusi lebih dalam menyediakan data dan informasi hidrografi dan oseanografi baik untuk kepentingan umum maupun untuk kepentingan militer. Oleh karena itu, Pushidrosal tidak hanya sebagai lembaga hidrografi militer saja namun sekaligus sebagai lembaga hidorafi nasional.

Sebagai lembaga hidrografi nasional, Pushidrosal merupakan wakil resmi pemerintah yang membidangi kepentingan kehidrografian baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional seperti duduk sebagai member state dari organisasi hidrografi kawasan Asia Timur yaitu East Asia Hydrographic Commission (EAHC) maupun organisasi internasional seperti IHO.

Salah satu poin utama yang disampaikan oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dalam ceramahnya di depan perwira Koarmatim dan enam stake holder kemaritiman di lingkungan kota Surabaya adalah bahwa Pushidrosal sedang dalam progress pembangunan peta tiga dimensi untuk kepentingan pertahanan. Salah satu peta tiga dimensi yang sedang digarap adalah peta tiga dimensi untuk kepentingan operasi kapal selam.

Kapushidrosal juga menyampaikan perjuangan Pushidrosal untuk menjadi bagian dari salah satu anggota dewan IHO agar bisa berkontribusi lebih pada tataran internasional, regional maupun nasional. Perjuangan meyakinkan public internasional tersebut telah berbuah manis. 30 negara dari 98 negara anggota IHO pada bulan Oktober 2017 nanti akan dilantik oleh Sekretaris Jenderal IHO sebagai anggota dewan IHO di mana Pushidrosal sebagai wakil resmi pemerintah Indonesia menjadi salah satu bagiannya.

Di samping keberhasilan tersebut, selain menjadi anggota EAHC, Pushidrosal juga mendapatkan dukungan untuk menjadi bagian dari anggota komisi hidrografi di tingkat regional lainnya yaitu organisasi hidrografi kawasan Samudera Hindia yaitu Indian Ocean Hydrographic Commission (IOHAC) dan kawasan Samudera Pasifik bagian barat daya yaitu South West Pasific Hydrographic Commission (SWPHC).

Upaya yang dilakukan oleh Pushidrosal tersebut di atas merupakan kontribusi Pushidrosal dalam mendukung program pemerintah yang akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Setidaknya tiga dari lima pilar poros maritim dunia merupakan ranah di mana Pushidrosal dituntut untuk lebih banyak berkiprah.

Pushidrosal juga sedang membentuk organisasi hidrografi nasional sebagai wadah dalam menampung aspirasi bagian masyarakat Indonesia yang berkecimpung di dunia hidrografi. Organisasi tersebut diberi nama Dewan Hidrografi Indonesia dan dalam waktu dekat akan segera diresmikan.

Selain sebagai wadah aspirasi komunitas hidrografi di Indonesia, Dewan Hidrografi Indonesia juga ditujukan untuk berkontribusi dalam pertarungan ketenagakerjaan pada era AFTA yaitu dengan menjadi lembaga sertifikasi profesi bidang hidrografi di Indonesia.





Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply