Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Taman Nasional Takabonarate Punya Keunikan Tersendiri Wisata Bawah Lautnya


PEMUDA MARITIM – Indonesia merupakan negara dengan ribuan pulau sehingga memiliki obyek wisata bahari paling lengkap di dunia. Obyek wisata bahari adalah tujuan wisata yang menyuguhkan pesona alami kelautan serta pesona pantainya. Bagi penggemar olahraga surfing atau peselancar tentunya sangat ingin berkunjung ke berbagai obyek wisata bahari yang memiliki gelombang ombak sesuai dengan keinginan mereka seperti obyek wisata yang ada di Bali dan menjadi salah satu primadona para peselancar. Tak hanya menyuguhkan keindahan lautnya saja namun obyek wisata bahari juga menyuguhkan pemandangan bawah lautnya yang sangat mempesona. Beraneka macam biota laut dengan dukungan terumbu karang indah menjadi obyek wisata bawah laut yang memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu Taman Nasional di Indonesia yang memiliki kekayaan alam serta keindahan bawah lautnya adalah Taman Nasional Take Bonerate yang berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Keindahan pantai serta pemandangan bawah lautnya menjadikan destinasi wisata ini terkenal hingga ke mancanegara. Untuk kamu yang menyukai tantangan, Taka Bonarate sangat cocok dijadikan sebagai salah satu lokasi untuk berlibur karena disana terdapat 21 gugusan pulau yang menantikan para wisatawannya untuk dijelajahi.

Dengan luas mencapai 5.307 km2, Taman Nasional Taka Bonerate memiliki kemiripan dengan gugusan kepulauan yang berada di Maldives. Sebanyak 15 pulau besar dan sejumlah pulau kecil tersebar di taman nasional yang pada 2005 dicalonkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini. Maka tak heran jika kepulauan ini memiliki beberapa pantai yang menyuguhkan keindahan alam yang mempesona di beberapa titik. Pulau Tinabo Besar merupakan suguhan wisata utama. Selain itu juga kepulauan ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia yang dimana mencapai 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km2.

Hamparan pulau karang di Taman Nasional Takabonerate, merupakan yang terbesar di Indonesia atau ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Selain itu juga memiliki tiga jenis terumbu karang yang menjadi modal utama untuk memikat hati serta menghipnotis mata para wisatawannya. mbu karang yang menjadi modal utama untuk memikat hati serta menghipnotis mata para wisatawan. Terumbu karang tersebut yakni, fringing reef alias terumbu karang tepi, Barrier reef atau terumbu karang penghalang dan Atol atau terumbu karang cincin.

Kawasan atol yang terdiri dari gugusan pulau gosong dan pulau karang, membentuk sejumlah gugusan pulau yang begitu menawan. Beberapa tumbuhan bawah laut pun hidup di dasar perairan, sehingga menjadikan perairan Taman Nasional Taka Bonerate terkenal akan kecantikan bawah lautnya. Flora bawah laut tersebut antara laut sejumlah koral, pandan laut, cemara laut, juga ketapang. Tak kalah, sejumlah fauna pun hidup bebas di alam Taka Bonerate, seperti ikan cakalang, napoleon, baronang, dan beberapa jenis terumbu laut. Keindahan bawah laut Taman Nasional Taka Bonerate membuat pecinta olahraga bawah air tertarik untuk mengunjungi Maldives-nya Indonesia ini.




Sumber: limakaki.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply