Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » INAMARINE 2017 Dorong Peningkatan Bisnis Industri Maritim di Tengah Kelesuan


PEMUDA MARITIM – Perhelatan INAMARINE 2017 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta, pada 23 – 25 Agustus 2017 telah mendorong bisnis galangan kapal nasional. Exhibition kali ini merupakan ketujuh kalinya digelar setelah pertama kali digelar di Batam.

Di tengah kelesuan yang terjadi, jumlah peserta pada exhibition ini terus meningkat setiap kali perhelatannya. Termasuk pada penyelenggaraan kali ini, jumlah peserta meningkat dari tahun sebelumnya meskipun tidak signifikan.

Salah satu faktornya adalah karena forum ini menjadi wadah bagi mereka untuk mencari solusi dan bertukar informasi serta meningkatkan bisnisnya melalui berbagai skema kerjasama di antara para pesertanya.

Hal itu diakui oleh Direktur PT Global Expo Management (GEM Indonesia), Baki Lee saat ditemui di sela-sela perhelatan forum bisnis galangan kapal terbesar di Indonesia ini.

“Kalau kita melihat dari tahun ke tahun selalu berkembang tidak pernah berkurang. Kita tetap sebagai forum bisnis yang bekerja sama dengan Iperindo, INSA dan para pelaku usaha pendukungnya,” ujar Baki.

Galangan kapal se-Indonesia hadir dalam forum ini. Kehadiran mereka bukan saja untuk menjual produk mereka tetapi juga dalam mencari partner bisnis.

“Dengan adanya forum ini mereka tidak perlu bersusah-susah mencari partner bisnis, sehingga investasi dan TKDN (Tingkat Kerjasama Dalam Negeri-red) mereka terus meningkat,” ungkapnya.

Baki yang sudah malang melintang di dalam bidang ini menyatakan kendati sekarang industri galangan kapal tengah mengalami kelesuan, namun chance-nya tetap ada. Keterpurukan bisnis galanagan kapal itu disebabkan antara lain turunnya harga minyak, pembatasan ekspor minerba, dan kesulitan dana.

“Untuk ke depannya bisnis galangan ini akan terus meningkat. Ada beberapa solusi yang kita tawarkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan itu. Melalui forum seperti ini kerjasama itu bisa ditingkatkan,” tambahnya.

INSA pernah mencatat, kondisi bisnis perkapalan dan pelayaran nasional sejak triwulan I tahun 2015 mengalami penurunan dan berlanjut hingga pertengahan 2016. Namun memasuki tahun 2017 ini, kondisi itu berangsur-angsur pulih dan terus mengalami lonjakan.

Para peserta INAMARINE 2017 berharap kemajuan demi kemajuan untuk terus ditingkatkan. Selain itu komitmen pemerintah sebagai regulator juga harus mewadahi kepentingan pengusaha kapal.

Acara ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian karena menyangkut industri pembangunan kapal. Sehingga ke depannya, regulasi-regulasi yang mengatur masalah pembangunan kapal dapat terus diperbaharui guna menguntungkan para pengusaha galangan kapal.

Sejalan dengan visi pemerintah Poros Maritim Dunia dan Tol Laut, bisnis perkapalan diharapkan terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Meskipun ada beberapa hal yang masih menghambat laju usaha itu, tetapi penyelenggara INAMARINE 2017 ini optimis masalah itu dapat teratasi.

“Fokus kita tetap di galangan kapal dan bagaimana kita membuat agar bisnis mereka maju,” pungkasnya.

Pada pelaksanaan hari pertama kemarin, pengunjung belum tampak banyak yang hadir. Diharapkan pada hari dan penutupan besok, pengunjung yang merupakan para pelaku usaha serta masyarakat yang concern dengan kemaritiman akan terus meningkat.





Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply