Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Kura Kura Beach Singkawang, Pesona Pantai Berbatu Batu di Kalimantan Barat


PEMUDA MARITIM – Kura-kura beach Singkawang atau yang juga dikenal sebagai pantai kura kura Singkawang merupakan salah satu pantai di Indonesia yang banyak menarik perhatian. Pantai kura kura ini terletak di Singkawang di Kalimantan Barat.

Kalimantan yang merupakan kepulauan Borneo diketahui memiliki banyak sekali pantai-pantai yang indah seperti pantai kura kura Singkawang ini. Kota Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang juga dikenal dengan nama lain San Khew Jong.

Pantai yang terletak di barat Kalimantan ini tentunya tidak kalah dengan pantai-pantai yang cukup populer di bagian Kalimantan lainnya. Seperti yang diketahui, pantai kura kura memiliki kondisi alam yang masih sangat bersih juga asri dan jauh dari tindak pencemaran. Keberadaan pantai kura kura ini diharapkan masih dapat dipertahankan oleh masyarakat. 


Indahnya Pesona Pantai Berbatuan Singkawang

Pantai yang berlokasi di perbatasan dua kota yaitu Bengkayang dan Singkawang ini memiliki pesona laut dan pantai yang sangat indah. Pantai ini memiliki ciri khas batu batu yang bertebaran bebas mulai dari pantai, pinggir pantai, hingga mendekati lautan. 

Namun, bagi Anda yang ingin menyaksikan pantai berbatuan ini Anda harus melihatnya dari bukit yang ada di pantai. Karena memang terdapat dua sisi dari pantai kura kura. Satu sisi merupakan sisi di mana Anda datang dan masuk ke pantai kura kura, dan sisi lain adalah pantai di balik bukit yang berbatu dan menggambarkan keindahan tak terucapkan.

Wilayah pantai kura kura singkawang ini merupakan daerah yang belum memiliki layanan listrik. Jadi jika kamu mengunjungi pantai ini dan memutuskan untuk bermalam, maka kamu akan menyaksikan keindahan pantai kura kura dengan masyarakatnya yang menyalakan lampu minyak untuk memberikan penerangan di malam yang gelap. Cahaya cahaya dari lampu minyak tersebut akan terpantul pada air laut, begitu juga sinar bulan di langit. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pantai kura kura singkawang sangat populer di malam hari.

Lalu apa yang bisa dinikmati di siang hari di pantai kura kura. Tentunya di siang hari Anda harus mengunjungi pantai berbatuan itu. Untuk mencapai titik untuk dapat melihat pantai berbatuan, Anda harus mendaki bukit. Di balik bukit inilah terdapat pantai dengan batu batu yang ukurannya cukup besar dan mungkin hanya dimiliki oleh Singkawang. 

Lalu mengapakah pantai ini disebut sebagai pantai kura kura? Menurut cerita rakyat dahulu kala banyak kura kura bersinggah ke pinggir pantai untuk bertelur, namun pada kenyataannya saat ini tidak dapat lagi ditemukan kura kura yang bersinggah ke pinggir pantai.


Perjalanan Menuju Kura Kura Beach Singkawang

Setelah membaca mengenai pesona keindahan pantai kura kura Singkawang di atas, tentu Anda akan sangat tertarik ingin mengunjungi pantai ini bukan? Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai kura kura Singkawang, maka ada beberapa tips dalam perjalanan menuju kura kura beach yang perlu Anda perhatikan.

Perjalanan pertama untuk menuju pantai ini dimulai tentunya dengan perjalanan menuju ke kota Pontianak. Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Kalimantan tentunya paling efisien menggunakan jalur udara untuk menuju ke bandara di Pontianak. Sesudah sampainya Anda ke Pontianak, maka perjalanan dilanjutkan dengan jalur darat menuju Tanjung Gundul. Perjalanan menuju Tanjung Gundul ini akan memakan waktu kurang lebih 3 jam lamanya. Sesampainya di Tanjung Gundul Anda harus kembali melakukan perjalanan setapak kurang lebih sejauh 3 km. Perjalanan inilah yang akan membawa Anda mencapai pantai kura kura Singkawang.

Jika Anda mengikuti alur perjalanan di atas, maka biaya perjalanan yang perlu Anda keluarkan tidak akan terlalu besar. Begitu juga jika Anda memutuskan untuk menginap di pinggir pantai kura kura, maka Anda harus memilih homestay yang harganya sangat terjangkau. Keberadaan homestay ini akan sangat murah harganya, karena di daerah ini belum ada layanan listrik dan homestay kebanyakan adalah rumah warga itu sendiri.




Sumber: indo-kaya.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply