Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Ora Maldives Milik Indonesia di Pulau Seram


PEMUDA MARITIM – Tahukah Anda bahwa Indonesia punya pantai yang lebih indah dari pantai di Maldives? Jika Anda belum mengetahuinya, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai Pantai Ora yang berlokasi di Maluku dan sedang menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan.

Pantai Ora sering juga disebut-sebut sebagai Maldives milik Indonesia. Pantai dengan keindahan laut dan alam bawah lautnya ini menurut banyak wisatawan bahkan melebihi apa yang dimiliki oleh Maldives. Sayangnya, lagi-lagi wisata pantai Ora ini kurang mendapatkan sorotan wisatawan. 

Alasannya sangat sederhana, yaitu kurangnya perhatian terhadap potensi wisata Indonesia terutama beberapa lokasi wisata di bagian timur Indonesia. Pantai Ora adalah salah satu potensi wisata yang kurang diperhatikan dan dipromosikan. Walau memiliki keindahan menakjubkan seperti ini, tidak banyak yang tahu di mana pantai Ora berada dan bagaimana keindahan pantai Ora tersebut.


Pantai Ora yang Indah tidak Seram seperti Nama Pulaunya

Maluku merupakan daerah kepulauan di bagian timur Indonesia. Seperti diketahui hanya sedikit objek wisata di Indonesia Timur yang banyak diketahui secara umum. Sedangkan sebagian banyak lainnya kurang dikenal oleh para wisatawan. Indonesia timur hanya dikenal dengan Raja Ampat di Papua atau Labuan Bajo di Nusa Tenggara, bagaimana dengan Maluku?

Maluku juga memiliki banyak potensi wisata khususnya di bagian laut dan pantai. Salah satunya adalah pantai Ora di Maluku Tengah ini. Pantai yang indah ini berlokasi di pulau Seram. Walau bernama pulau Seram, pulau ini jauh dari kata Seram melainkan sangat mencengangkan keindahannya. Pantai Ora identik dengan keberadaan penginapan di atas air lautnya. Penginapan ini tersusun dengan rapi membentuk susunan yang sangat menakjubkan jika dilihat dari atas.

Pantai Ora ini menawarkan berbagai aktivitas wisata yang dapat Anda coba. Mulai dari aktivitas menyelam, aktivitas mendayung, dan berbagai aktivitas lainnya di sekitar pantai. Sebagai bagian dari pulau Seram, pantai Ora berada di dalam desa adat Saleman. Desa ini memiliki perkampungan yang juga menjadi pemandangan menarik bagi para wisatawan.

Jika Anda ingin mengejar pemandangan sunrise, maka Anda dapat menikmatinya langsung dari kamar Anda yang berada di atas laut. Jika Anda ingin lebih menarik, maka Anda dapat mendaki gunung Roulessy. Pemandangan sunrise dari kamar ataupun dari puncak gunung akan sama indahnya. Hanya saja bagi Anda yang lebih menyukai aktivitas tracking dapat memanfaatkan kesempatan melihat sunrise ini untuk sekaligus menjelajah kawasan gunung Roulessy.

Selain melakukan penanjakan gunung, pantai Ora juga menawarkan aktivitas air snorkeling. Pantai ini dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang dapat bersaing di tingkat dunia. Keindahan alam bawah laut tersebut meliputi keindahan terumbu karang, ikan-ikan, dan tentunya air laut yang biru jernih. Snorkeling di tempat ini juga menyediakan jasa penyewaan alat jika Anda tidak memiliki atau tidak membawa alat milik Anda pribadi. Akan tetapi, jika Anda membawa alat snorkeling dengan Anda maka Anda bebas menggunakannya.

Selain menyelam, terdapat juga aktivitas mendayung perahu tradisional masyarakat pulau Seram. Aktivitas ini akan membawa Anda mengelilingi kawasan pantai Ora dengan menggunakan perahu tradisional. Anda akan ditemani oleh warga asli pantai Ora.


Estimasi Biaya Menuju Pantai Ora, Maluku Tengah

Seperti diketahui pantai Ora terletak di pulau Seram, Maluku Tengah. Dalam memperkirakan biaya untuk menuju pantai Ora ini tentu akan mempertimbangkan biaya transportasi yang cukup besar angkanya. Pertama tentunya Anda harus menempuh perjalanan udara menuju bandara Pattimura di Ambon. Harga tiket pesawat ini cukup lumayan sekitar Rp2.000.000 jika ditempuh dari Ibukota Jakarta.

Sesampainya di bandara, Anda harus melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan Hunimua. Perjalanan ini dilakukan dengan menggunakan jasa angkutan umum atau penyewaan kendaraan. Biayanya tidak terlalu besar karena jaraknya dekat hanya ditempuh selama 45 menit. Pelabuhan ini akan menyediakan penyeberangan menuju pulau Seram sebanyak 6 kali setiap harinya. Oleh karena itu, jangan sampai Anda ketinggalan penyeberangan terakhir ke pulau Seram.

Untuk mencapai pantai Ora dari pelabuhan di pulau Seram ini Anda harus menempuh jalan berhutan dan cukup sulit dilalui. Perjalanan ini kemudian masih dilanjutkan lagi dengan penyeberangan selama 10 menit menggunakan perahu. Karena aksesnya yang cukup sulit, maka estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju pantai ini pun cukup besar. Namun, keindahan alam yang Anda akan rasakan di sana semua gratis. Hanya cukup menyewa penginapan.




Sumber: indo-kaya.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply