Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » 23 September, Hari Maritim Nasional: Perhimatekmi Gelar Mukernas

Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Maritim se-Indonesia (Perhimatekmi) adalah perkumpulan lembaga kemahasiswaan (himpunan mahasiswa) yang berbasis keteknologian di bidang maritim di Indonesia. Perhimatekmi didirikan sebagai bentuk keresahan mahasiswa terhadap perkembangan maritim di Indonesia, yang pada saat itu belum ada organisasi setingkat mahasiswa yang mewadahi serta concern terhadap kemaritiman, khususnya di bidang pengembangan teknologi maritim.

Perhimatekmi dideklarasikan dan berdiri di Universitas Hasanuddin Makassar pada tanggal 13 Maret 2009 saat Musyawarah Nasional Pertama (Munas I) Perhimatekmi, yang saat itu diprakarsai oleh 5 institusi perguruan tinggi yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dan Universitas Darma Persada (Unsada) Jakarta. Dan saat ini Perhimatekmi mulai berkembang dengan adanya anggota baru diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Hang Tuah (UHT), dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Setelah Musyawarah Nasional IV, pada tanggal 14 April 2017 yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro Semarang, di mana pembahasannya terkait pemilihan ketua umum yang baru, serta pengesahan anggota baru Perhimatekmi. Perhimatekmi tahun ini mengangkat visi "Semangat Gotong Royong Perhimatekmi 2017 dalam memajukan kemaritiman Indonesia", yang diharapkan dapat menjadi sebuah organisasi mahasiswa yang memotori serta mampu menjadi leading bagi organisasi mahasiswa lainnya, yang kaitannya dengan perkembangan dan kemajuan teknologi kemaritiman di Indonesia.

Dalam waktu dekat ini, bertepatan dengan hari maritim nasional 23 September 2017, Perhimatekmi akan mengadakan Rapat Kerja Nasional/Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas). Yang akan di adakan di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Yang mana dalam agenda rutinnya, selain membahas tentang program kerja untuk periode kedepan, juga ikut membahas tentang rencana strategis untuk kaitannya mengawal isu-isu kemaritiman di Indonesia. Beberapa isu nasional yang penting untuk sama-sama kita bahas diantara nya adalah : urgensitas penerapan regulasi internasional di Indonesia dalam jalankan gagasan Green Shipping, perkembangan pembangunan Tol Laut, perkembangan pembangunan pelabuhan dan infrastruktur laut, kelangkaan garam, dll.

Mukernas ini mengangkat tema "3 Tahun Visi Maritim Indonesia", yang sangat erat kaitannya dengan konsep Nawacita Bapak Presiden ke-7 RI, Ir. H. Joko Widodo, yang salah satunya adalah mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam Mukernasyang akan di adakan di PPNS nanti, Perhimatekmi berupaya mengangkat isu tsb agar kembali di tinjau dan sama sama kita kaji, yang mana visi tersebut sudah 3 tahun berjalan.

Peran mahasiswa sendiri bagi kemaritiman yaitu sebagai "ujung tombak" pergerakan, terkait dengan penelitian dan pengembangan iptek, dalam hal pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan kita, maupun potensi-potensi kelautan Indonesia lainnya, hal ini pun sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi poin ke-2. Sehingga dengan hal ini, mahasiswa kedepan nya diharapkan mampu memberikan suatu sumbangsih serta hal baru bagi kesejahteraan bangsa Indonesia. 

Dalam agenda Mukernas ini, Perhimatekmi rencananya akan mengundang Bapak Luhut Binsar Panjaitan selaku Kemenko Maritim Indonesia, serta Ibu Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan, dan beberapa organisasi kepemudaan yang bergerak di kemaritiman, maupun organisasi mahasiswa setingkat nasional lainnya. 

Dengan adanya agenda ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa-jiwa gotong royong bagi anggota, maupun organisasi kepemudaan lainnya dalam hal mengembangkan serta mewujudkan bersama semangat dan nilai-nilai kemaritiman Indonesia.


Oleh: 
M. Arif Rachman (Teknik Perkapalan Undip 2014)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply