Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » APMI Ulas Berbagai Gagasan dalam Simposium PERHIMATEKMI


Asisten Bidang Geopolitik APMI, Dhini Sastroadmodjo dalam simposium Kemaritiman PERHIMATEKMI

PEMUDA MARITIM – Assosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) adalah organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang kemaritiman. Pada kesempatan ini, APMI yang diwakili oleh Asisten Bidang Geopolitik, Dhini Sastroadmodjo menyampaikan berbagai gagasan salah satunya pemberdayaan masyarakat pesisir.

Potensi maritim Indonesia sangat melimpah sehingga dengan visi Poros Maritim Dunia besar kemungkinan perekonomian Indonesia akan tumbuh baik melalui kemaritiman. Pemuda memiliki peran penting dalam mengawal dan mendukung visi tersebut agar terealisasi sehingga membawa kemakmuran bagi masyarakat pesisir

Dhini mencontohkan APMI telah memiliki beberapa tempat dalam menerapkan gagasan pemberdayaan masyarakat, diantaranya di Tambak Lorok dan Tapak, Semarang. Produk yang dihasilkan berupa beraneka ragam olahan ikan yang dikemas menarik dengan nilai ekonomis tinggi.
Produk memiliki nilai ekonomi lebih tinggi, pemberdayaan masyarakat ini merupakan bentuk sumbangsih nyata pemuda untuk wilayah pesisir Indonesia. “Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab moral kita sebagai pemuda,” tambah Dhini.

Selain itu, melalui gagasan kemandirian pesisir, APMI menggandeng KEMENDESA mengembangkan potensi melalui program desa wisata mandiri. Program ini bertujuan untuk meningkatan daya saing dan kemandirian desa-desa pesisir Indonesia.

Simposium yang dihelat di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Hari Sabtu (23/9/2017) ini merupakan serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Maritim Se-Indonesia (PERHIMATEKMI). Simposium sesi pertama selain Dhini dihadiri pula Asdep IV bidang Pendidikan dan Pelatihan Kemenko Maritim TB Haeru Rahayu dan Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Bidang Agraria dan Kemaritiman Mahyudin Rumata. 

(Amir/PM)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply