Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Apresiasi Customer Day, Dirut Pelindo III Layani Langsung Konsumen di Front Line


PEMUDA MARITIM – Memperingati hari pelanggan nasional atau customer day yang jatuh pada hari ini 4 September 2017, Pelindo III memberikan kejutan kepada pengguna jasa layanannya dengan memberikan bingkisan saat melakukan pengurusan dokumen di Gedung Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Pelabuhan Tanjung Perak.

Bingkisan tersebut diberikan secara langsung oleh President Director Pelindo III, Ari Askhara setelah memberikan pelayanan pengurusan administrasi jasa kepelabuhanan. Ari yang saat itu terjun sebagai front liner merasakan bagaimana menjadi petugas PPSA melayani pengguna jasa.

Salah satu pengguna jasa Bram Osi Warsito dari PT. Dermaga Harapan Jaya mengatakan bahwa peringatan customer day pada hari ini terasa istimewa sekali karena Dirut Pelindo III secara langsung memberikan pelayanan di front line.

"Pelayanan di PPSA sudah maksimal dan bagus, namun keberadaan aplikasi yang baru diterapkan terasa masih menghambat pelayanan. Namun, itu bukan menjadi persoalan bagi saya. Bagaimanapun kalau itu baru pasti ada hambatannya tapi semuanya kan demi kelancaran kedepannya," jelasnya.

Sementara itu, Ari Askhara mengungkapkan bahwa pelanggan dan pengguna jasa itu dua hal yang berbeda. Pengguna jasa adalah orang yang menggunakan jasa Pelindo III termasuk karyawan. Karyawan adalah pengguna jasa direktoratnya seperti Direktorat Teknik merupakan pengguna jasa Direktorat Keuangan, jadi pengguna jasa adalah semua yang menggunakan jasa.

"Pelanggan adalah orang yang menggunakan produk Pelindo II.  Dalam hal ini mereka yang memberikan kontribusi pendapatan terhadap Pelindo III. Lain halnya kalau pengguna jasa seperti di SDM, mereka hanya memberikan input. Kalau pelanggan merupakan orang atau perusahaan yang memberikan kontribusi atas value yang dijual oleh Pelindo III. Kenapa dibilang value bukan produk, karena value memberikan mereka nilai lebih dalam menggunakan produk Pelindo III. Nilai lebih ini harus terpenuhi dari tiga hal yaitu delivery, quality, dan service-nya. Jadi tiga hal ini yang harus dipenuhi oleh insan Pelindo III agar pelanggan tetap menggunakan produk kita," tutur Ari Askhara.

Ia berharap bahwa pelanggan seharusnya memberikan masukan demi kemajuan Pelindo III.

“Oleh karena itu kita harus memberikan lebih dari apa yang mereka bayangkan atau beyond their expectation kalau hanya meet their expectation itu bukan tujuan dari Pelindo III, maka kita harus mengcreate value. Beyond expectation adalah mereka lebih simple bekerja di kantor, di rumah atau melalui mobile. Inilah hal yang harus dipenuhi," tambahnya.

Terkait dengan PPSA, ia menyarankan bahwa harus lebih banyak sistem yang otomatis dan memberikan edukasi kepada pelanggan dari sisi penyusunan dokumen yang sequence dari atas hingga bawah sehingga tidak ada yang terbolak-balik ketika dokumen disajikan.

Kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari kedepan. Hari pertama dilakukan di Pelabuhan Tanjung Perak, selanjutnya di hari ke dua dan ke tiga akan dilakukan di anak perusahaan seperti TPS, BJTI, dan PHC.

Mengenai Ari Askhara memberikan pelayanan di front liner, Pudjojono Ketua Paguyuban Dinas Luar PBM dan Pelayaran mengungkapkan bahwa tidak ada yang membedakan pelayanan antara hari pengguna jasa dengan hari biasanya karena sudah sistematis. “Jadi kami tidak kaget, kagetnya karena Dirut Pelindo III langsung memberikan pelayanan kepada pengguna jasa,” pungkasnya.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply