Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Bermain Air di Sumur Raksasa Donggala


PEMUDA MARITIM – Jika selama ini anda beranggapan bahwa sumur hanya bisa ditemukan di rumah dan hanya biasa digunakan sebagai sumber dan tempat penampungan air, cobalah untuk menyambangi sumur unik yang menjadi salah satu keajaiban alam yang berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah ini. Ya, keajaiban alam ini disebut Pusat Laut Donggala, dikenal juga sebagai sumur raksasa karena memiliki lubang yang besar dengan diameter mencapai 10 meter. Kedalaman air yang berada di dalam pusat laut ini sekitar lima meter, namun tidak pernah pasti karena dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Pasang surutnya air laut sangat mempengaruhi kedalaman air karna sumber air dari pusat laut tersendiri bersumber dari laut lepas.

Sumur raksasa yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Donggala ini selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar dan wisatawan. Untuk mencapai obyek wisata ini, para pengunjung dapat menempuh perjalanan sejauh 55 km dari Kota Palu. Berenang di kolam raksasa ini menadi kegiatan wajib yang dilakukan para pengunjung. Namun uniknya lagi, air yang ada di dalam pusat laut ini tidak pernah keruh walaupun selalu ramai digunakan untuk berenang.

Pusentasi, begitulah masyarakat sekitar mengenal obyek wisata yang satu ini. Pusentasi dalam Bahasa Indonesia berarti pusat laut. Dinamai pusat laut karena terdapat lubang yang menghubungkan antara sumur raksasa ini dengan pantai yang kurang lebih berjarak lima ratus meter dari lokasi sumur. Namun lubang tersebut sudah tak terlihat lagi karena ditutupi bebatuan yang mengitari pusat laut. Dari atas sumur, para pengunjung dapat melihat kedalaman dan dasar dari pusat laut, serta ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Jadi bisa dibayangkan betapa jernihnya air dari Pusat Laut Donggala ini.

Dari lokasi Pusat Laut Donggala, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Pantai Donggala yang terkenal dengan pasir putihnya yang halus. Di sekitar lokasi Pusentasi juga terdapat beberapa warung makan serta fasilitas penginapan yang memudahkan para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di salah satu obyek wisata andalannya Provinsi Sulawesi Tengah ini. Berenang atau hanya sekedar merasakan kesegaran air laut yang tertampung di dalam Pusat Laut Donggala merupakan kegiatan wajib ketika anda berkunjung ke wilayah Donggala, Sulawesi Tengah.



Sumber: indonesiakaya.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply