Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » CARAT Resmi Dibuka, Representasi Kesamaan Kepentingan Strategis Indonesia-Amerika


PEMUDA MARITIM – Latihan bersama Cooperation Affloat and Readiness Training (Latma CARAT) 2017 resmi dibuka pada Kamis (7/9). Acara ini dibuka langsung oleh Asrena Pangarmatim Kolonel Laut (P) Rony Saleh di Auditorium Puslatkaprang Kolatarmatim.

Upacara pembukaan Latma CARAT ini dihadiri oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E., para asisten Pangarmatim, staf ahli Pangarmatim, Kasatker, dan para komandan KRI di Pangkalan Surabaya.

Acara didahului oleh pembacaan laporan kesiapan pelaksanaan Latma CARAT 2017 dan dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta latihan kepada perwakilan.

Asrena Pangarmatim yang hadir mewakili Asops Kasal, membacakan amanat tertulis Asops Kasal yang menyampaikan bahwa sebagai bangsa maritim yang memiliki kesamaan nilai-nilai dan kepentingan strategis, Amerika Serikat dan Indonesia memiliki kemitraan angkatan laut yang komprehensif dan terus berkembang yang didasari oleh rasa saling menghormati. CARAT mempererat kemitraan maritim AS dan Indonesia serta memainkan peran penting dalam menciptakan rasa saling percaya, kekeluargaan, dan persahabatan selama lebih dari 23 tahun. Kapan pun Angkatan Laut kita bekerja sama, kami selalu melihat manfaatnya bagi kedua pihak.

Di samping prajurit TNI AL, CARAT kali ini juga akan diikuti oleh lebih dari tiga ratus orang personil Angkatan Laut dan Korps Marinir AS. Latma ini akan menampilkan serangkaian pelatihan di laut mencakup pertempuran permukaan, penanggulangan teroris, dan perompakan di atas kapal (Visit, Board, Seach, and Seizure atau VBSS), latihan persenjataan, serta operasi patroli laut.

Kegiatan lainnya mencakup serangkaian seminar, yang memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk berbagi praktik terbaik terkait taktik di angkatan laut. Kegiatan lainnya adalah  pertukaran keterampilan dalam bidang kemaritiman, seminar bidang penerbangan, hukum militer, dan simposium pertempuran permukaan laut.

Kelompok musik Armada ke-7 dan Satuan Ekspedisi Marinir 111 AS juga akan mengadakan sejumlah kegiatan budaya bersama kelompok musik Koarmatim TNI AL yang dipersembahkan untuk warga Surabaya.

CARAT Indonesia adalah bagian dari rangkaian pelatihan bilateral yang lebih luas yang digelar oleh Angkatan Laut AS bersama sembilan mitra angkatan laut di Asia Selatan dan Asia Tenggara guna menghadapi prioritas keamanan bersama dalam bidang maritim, memperkuat kerjasama maritim, serta meningkatkan daya interoperabilitas di antara para peserta latihan.

Mengakhiri acara pembukaan Latma CARAT 2017 ini, seluruh peserta melaksanakan foto bersama dan dilanjutkan dengan konfrensi pers.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply