Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Cetak SDM Pelabuhan yang Berkualitas, IMLC 2017 Resmi Dibuka


PEMUDA MARITIM – Indonesia Maritime Learning Center (IMLC) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Assosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI) telah dibuka di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL), Jagakarsa, Jakarta, (4/9/17).

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Capt. Arifin Soenardjo, M.Hum secara resmi membuka IMLC yang kali ini digelar ketiga kalinya dengan tajuk ‘Pelatihan Manajemen Operator Terminal dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

Dalam sambutannnya sesaat sebelum membuka pelatihan, Capt.Arifin menegaskan kepada peserta didik untuk menguasai teknologi.

"Kita melihat negara tetangga kita, Singapura dan Malaysia, melalui penguasaan teknologi yang tinggi mereka bisa mendapat keuntungan dari usaha pelabuhannya," kata Arifin.

Ia mencontohkan kedua negara itu berhasil memangkas dwelling time hingga satu hari. Sehingga banyak kapal-kapal niaga yang lebih memilih singgah di sana ketimbang pelabuhan di Indonesia.

Melalui pelatihan ini, pihaknya telah mempersiapkan kurikulum yang mengandalkan basis teknologi dalam penerapannya baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik.

"Kalau kita masih manual, kita kalah, tidak usah dengan Singapura dahulu, dengan Vietnam saja kita kalah. Asing selalu ingin lebih cepat, maka dari itu para peserta latihan ini harus menguasai teknologi," tegasnya.

Peserta pelatihan ini merupakan orang-orang yang bergelut di bidang operator dan usaha pelabuhan di Indonesia. Total peserta pada pelatihan kali ini ialah berjumlah 14 orang.

Di akhir sambutannya, Capt Arifin menginginkan agar para peserta ini menjadi garda terdepan dalam visi Poros Maritim Dunia dan Tol Laut. Karena SDM pelabuhan selalu memegang peranan penting dalam berjalannya visi tersebut.

"Selain SDM dan teknologi, sinergi stakeholder akan menentukan keberhasilan kita dalam mewujudkan visi Tol Laut," pungkasnya.




Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply