Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Gubernur AAL Semangati para Taruna Menjelang Muhibah ke Spanyol


PEMUDA MARITIM – Menjelang persiapan keberangkatan pelayaran Kartika Jala Kridha (KJK) Taruna Tingkat III AAL Angkatan ke-64 pada tanggal 12 September 2017 mendatang, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., memberikan pengarahan kepada Taruna Tingkat III. Pengarahan itu terkait hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari keberangkatan maupun selama pelayaran hingga tiba di tanah air. Pengarahan dilaksanakan di gedung Salahutu, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (5/9).

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para Taruna di antaranya yaitu mengenai keterbatasan bagasi saat keberangkatan, karena pada waktu berangkat mereka akan naik pesawat terbang. Begitu pula saat transit di Doha dan Madrid agar para Taruna terkoordinir antara satu dengan yang lain, sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Begitu pula saat sampai di tujuan dan naik kapal, Gubernur AAL mengatakan agar para Taruna segera melaksanakan orientasi kapal secepat mungkin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ruangan-ruangan yang berada di kapal perang yang masih baru tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur AAL juga berpesan kepada para Taruna agar selalu menjaga kesehatan untuk dapat melaksanakan pelayaran ini dengan lancar. Termasuk saat sandar di beberapa negara, para Taruna akan melaksanakan  kirab kota dan menampilkan beberapa kesenian daerah sebagai ajang promosi wisata Indonesia.

"Jaga martabat diri sendiri, martabat Akademi dan martabat TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara," pesan Gubernur AAL.

Pada kesempatan tersebut Gubernur AAL juga mengecek kelengkapan pakaian yang akan digunakan para Taruna dalam kegiatan pelayaran ini.

Kartika Jala Kridha merupakan pelayaran muhibah ke luar negeri bagi Taruna AAL dengan menggunakan kapal latih Taruna. Namun pada tahun ini, kapal latih yang digunakan para Taruna bukan kapal latih KRI Dewaruci seperti tahun-tahun sebelumnya, akan tetapi mereka akan melaksanakan pelayaran perdana dengan menggunakan kapal latih Taruna pengganti KRI Dewaruci, yaitu KRI Bima Suci.

Sebanyak 119 Taruna Tingkat III AAL angkatan ke-64 bersama anak buah kapal KRI Bima Suci yang telah disiapkan berlayar dari Vigo, Spanyol menuju Jakarta, Indonesia.

Sesuai rencana mereka akan bertolak dari Vigo, Spanyol tanggal 18 September 2017 setelah KRI Bima Suci secara resmi diserahkan dari Pemerintah Spanyol kepada Pemerintah Indonesia pada tanggal 10 September 2017. Rencananya Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., menghadiri acara peresmian tersebut.

Dalam pelayarannya, KRI Bima Suci akan singgah di beberapa negara yaitu Italia, Mesir, Saudi Arabia, Oman dan Sri Lanka dan masuk Indonesia melalui Padang menuju Jakarta. Dengan kecepatan sembilan knot diperkirakan KRI Bima Suci tiba di Jakarta tanggal 22 Oktober mendatang.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply