Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Liburan Seru ke Pantai Sendang Biru nan Mempesona


PEMUDA MARITIM – Pantai Sendang Biru merupakan salah satu objek wisata pantai dengan keindahan pemandangan alam yang memukau. Pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Malang.

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda keliling menikmati keindahan alam di pantai yang memiliki air biru dan cantik ini.


Letak Pantai Sendang Biru

Pantai nan cantik ini sendiri ada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat berpotensi sekali sebagai objek wisata indah yang bisa dikunjungi.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu, sudah pasti Anda harus terlebih dulu melewati pantai sendang biru ini. Nah, dengan keberadaan Pulau Sempu inilah menjadikan pantai sendang biru mempunyai ombak tak terlalu besar, seperti halnya pantai-pantai laut selatan yang lainnya.


Pulau Sempu Nan Eksotis

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai pantai sendang biru, ada baiknya juga kalau kita mereview sedikit mengenai pulau sempu nan eksotis.

Untuk yang juga ingin liburan ke pulau sempu ini, anda harus meminta izin terlebih dulu di Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu yang lokasinya tak jauh dari tempat penitipan kendaraan. Namun, bagi Anda yang belum pernah mengunjungi pulau ini disarankan menyewa jasa seorang Guide.

Setelah mendapat izin, Anda bisa menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Lama perjalanan dari Pantai Sendang Biru ke Pulau Sempu sekitar 20 menit.

Pulau dengan luas sekitar 877 hektare ini masuk dalam cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Anda bisa menemukan berbagai vegetasi di pulau sempu, mulai dari bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan lain-lain.

Wisatawan yang datang berkunjung ke pulau ini bisa melakukan trekking menyusuri Hutan di Pulau Sempu dengan didampingi oleh guide berpengalaman. Setelah trekking, Anda bisa menjumpai Segara Anakan yang indah dan eksotis.

Segara anakan ini merupakan tempat wisata andalan di pulau sempu. Pantai segara anakan ini memiliki pasir yang putih dengan ombaknya yang tenang. Air pantainya juga berwarna biru dan jernih dengan ikan-ikan kecil yang mengelilinginya. Keelokan pemandangannya juga semakin asri dengan view perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon hijau.


Pelelangan Ikan di Pantai Sendang Biru

Walaupun di pantai sendang biru tersebut cukup dikenal sebagai lokasi pendarat dan juga pelelangan ikan, akan tetapi pantai tersebut memiliki pemandangan alam yang sangat indah banget, bahkan menariknya lagi, pantai sendang biru memiliki sumber mata air yang benar-benar jernih dengan warna biru yang sangat bersih.

Berkunjung ke pantai sendang biru ini Anda tak perlu khawatir, jika Anda memutuskan untuk bermalam di pantai tersebut, sebab di sekitar pantai sudah terdapat beberapa penginapan, guess house, rumah jaga, serta persewaan perahu yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk menyusuri pantai indah di Malang.


Pesona Pemandangan Objek Wisata Pantai Sedang Biru

Pesona pemandangan yang disuguhkan di pantai sendang biru ini memang cukup menarik sekali. Selain dengan pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang biru serta jernih, ternyata keberadaan kapal-kapal para nelayan yang berwarna-warni bersandar di tepian pantai inilah yang juga menjadi pemandangan indah pantai sendang biru.

Kapal tersebut tak hanya dipergunakan untuk mencari ikan saja, akan tetapi juga banyak disewakan bagi para wisatawan. Anda nantinya bisa menyewa kapal para nelayan ini untuk berkeliling menikmati pemandangan indah pantai sendang biru yang dari jarak dekat.

Di tengah-tengah laut, nantinya Anda dapat melihat ke bawah, nah di sanalah terdapat pemandangan bawah laut yang tampak jelas dari atas, ikan -ikan kecil dengan beragam warna yang sedang berenang di sela-sela karang, pasti akan jadi pemandangan yang sangat indah banget.

Pasti saja ini akan membuat pengalaman Anda mengunjungi objek wisata pantai sendang biru Malang tidak akan pernah terlupakan. Perahu tersebut dapat dinaiki maksimal hingga 12 orang dengan biaya Rp 100 ribu rupiah per kapal.

Keberadaan pantai sendang biru ini tak bisa terlepas dari adanya sendang atau sumber mata air di bagian bawah bukit yang airnya berwarna biru dan sangat jernih. Sedang tersebut yang jadi cikal bakal pantai tersebut dinamakan. Sedang biru hingga sekarang ini. Letak sedang ini sekitar 1 km dari barat pantai. Dari pantai inilah naik ke sebuah perkampungan menuju ke jalur lintas selatan.

Di sebelah kiri jalan ini dari arah pantai ada jalanan setapak yang menuju ke bawah bukit. Dari sinilah ada sumber air yang luasannya sekitar 10 x 8 meter dan memiliki kedalaman kurang lebih sekitar 2.5 meter. Ada dua sendang yang ada di kawasan tersebut, selain sendang biru ada pula sendang gambir, tapi debit air sendang biru jauh lebih besar.


Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Biru

Lalu untuk tiket masuk ke pantai sendang biru malang ini sangat terjangkau sekali, yakni sebesar Rp 5 ribu rupiah per orang.

Demikianlah informasi tentang keindahan pemandangan alam yang kental di pantai sendang biru. Semoga saja bermanfaat. Anda tertarik liburan ke pantai ini? Tunggu apa lagi, yuk meluncur ke TKP.




Sumber: tempatwisataseru.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply