Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Ayah di Kebumen Jawa Tengah (Bagian 2-Habis)


PEMUDA MARITIM – Siapa bilang, hanya Jogjakarta yang memiliki pantai begitu indah. Mungkin Anda menganggap, tidak ada daerah lain yang memiliki pantai indah kecuali Yogyakarta, padahal terdapat daerah selain Jogja yang memiliki pantai yang menawan. Pantai Ayah atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Logending. Pantai Ayah ini mempunyai begitu banyak keindahannya. Pantai Ayah berada di sekitar 53 km dari Kota Kebumen, tepat di desa Ayah. Pantai Ayah mempunyai kondisi berada di antara laut selatan serta kawasan hutan jati yang dimiliki oleh Perum Perhutani KPH Kedu Selatan adalah kombinasi dari pantai dan hutan yang mungkin jarang Anda temukan.

Pantai Ayah berkarakter sebagai pantai nelayan, sehingga jangan heran bila sampai di Pantai Ayah, Anda akan disambut dengan begitu banyak kapal nelayan yang disandarkan di pantai. Ombak di Pantai Ayah tidak terlalu besar, sehingga Anda tidak perlu cemas ketika membawa anak-anak di pantai ini. Bagi anak-anak, pengelola Pantai Ayah sengaja memberikan tempat permainan bermacam-macam sehingga anak Anda akan betah untuk menikmatinya.


Kuliner Pantai Ayah

Selayaknya pantai-pantai di daerah lain, Pantai Ayah juga mempunyai sajian kuliner yang lezat. Dimana kuliner tersebut bukan hanya lezat, namun memiliki harga yang terjangkau. Berbagai macam olahan ikan bisa Anda dapatkan mulai dari ikan bakar hingga goreng. Anda dapat menikmati olahan ikan ini sembari duduk bersantai di tepi pantai. Pasti benar-benar mengasyikkan bukan? Menghabiskan waktu bersama keluarga menikmati sajian makanan yang super lezat.


Fasilitas Pantai Ayah

Fasilitas di Pantai Ayah ini juga tidak kalah lengkap dengan pantai lain. Di Pantai Ayah terdapat tempat ibadah untuk para wisatawan. Apabila  Anda membawa buah hati, di sini juga terdapat arena permainan, bahkan terdapat pusat informasi pariwisata.

Pada kawasan pantai, di sini terdapat jajanan mulai dari makanan, minuman. Ingin langsung berburu oleh-oleh di Pantai Ayah? Tidak perlu khawatir karena bukan hanya ikan segar saja yang bisa Anda bawa namun banyak souvenir yang murah. Karena di sini adalah kawasan pantai, sebagian pedagang berjualan di area pantai, ada beberapa penjual yang menjual ikan segar, jadi Anda tidak akan merasa kekurangan apapun. Apabila ingin menyantap ikan, cukup membeli ikan segar, membakarnya sendiri sembari memandangi sunset yang indah.

Bukan hanya warung, tempat jajanan hingga tempat ibadah, namun kamar mandi juga tidak ketinggalan. Anda bisa menemukan kamar mandi untuk membilas diri. Biasanya, tarif kamar mandi yang dipatok sebesar Rp 2 ribuan saja.


Rute untuk menuju ke Pantai Ayah

Akses untuk menuju pantai ini bisa dikatakan cukup mudah. Apabila Anda berasal dari arah Yogyakarta, Anda hanya perlu menempuh jalur selatan di arah Gombong dan berbelok ke selatan di Kecamatan Ayah.

Sedangkan, jika Anda dari Purwokerto (arah barat) Anda cukup ke arah timur menuju di kawasan Gombong hingga menemukan gapura wisata yang berada di kanan jalan yang menunjukkan arah wisata ke Goa Jatijajar. Anda cukup mengikuti petunjuk tersebut karena Pantai Ayah masih satu jurusan dengan Jatijajar.

Jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa menempuh perjalanan mulai dari Terminal Kebumen. Dari terminal bus ini akan ada banyak bis yang melewati Pantai Ayah dengan menempuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Jika dilihat dari segi kepraktisan, memang lebih praktis jika Anda menggunakan mobil pribadi. Lantas, bagaimana jika berasal dari luar kota? Apabila Anda dari luar kota, Anda bisa menyewa mobil di Kebumen, di sini ada begitu banyak tempat penyewaan mobil dengan harga beragam, setelah itu ikuti petunjuk arah untuk sampai di Pantai Ayah. Apabila masih bingung atau ragu dengan petunjuk arah tersebut, gunakan Google Map, sehingga Anda bisa sampai di Pantai Ayah dengan mudah.


Harga tiket masuk Pantai Ayah

Berwisata di Pantai Ayah tidak membutuhkan biaya yang besar. Untuk masuk ke pantai ini, Anda cukup membayar Rp 5.000 saja per orang. Sedangkan, jika Anda ingin menyeberangi pulau dan menyewa perahu, Anda dapat menyewa perahu dengan tarif Rp 5.000 per orang.


Tips mengunjungi Pantai Ayah

  • Kunjungi Pantai Ayah saat hari biasa. Memang, banyak waktu yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi Pantai Ayah ini, tetapi disarankan untuk berkunjung saat hari biasa, karena ketika weekend akan ramai pengunjung,
  • Siapkan kendaraan pribadi. Agar perjalanan Anda menuju ke Pantai Ayah lebih nyaman, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi.




Sumber: jejakpiknik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply