Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Ayah di Kebumen Jawa Tengah (Bagian 1)


PEMUDA MARITIM – Siapa bilang, hanya Jogjakarta yang memiliki pantai begitu indah. Mungkin Anda menganggap, tidak ada daerah lain yang memiliki pantai indah kecuali Yogyakarta, padahal terdapat daerah selain Jogja yang memiliki pantai yang menawan. Pantai Ayah atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Logending. Pantai Ayah ini mempunyai begitu banyak keindahannya. Pantai Ayah berada di sekitar 53 km dari Kota Kebumen, tepat di desa Ayah. Pantai Ayah mempunyai kondisi berada di antara laut selatan serta kawasan hutan jati yang dimiliki oleh Perum Perhutani KPH Kedu Selatan adalah kombinasi dari pantai dan hutan yang mungkin jarang Anda temukan.

Pantai Ayah berkarakter sebagai pantai nelayan, sehingga jangan heran bila sampai di Pantai Ayah, Anda akan disambut dengan begitu banyak kapal nelayan yang disandarkan di pantai. Ombak di Pantai Ayah tidak terlalu besar, sehingga Anda tidak perlu cemas ketika membawa anak-anak di pantai ini. Bagi anak-anak, pengelola Pantai Ayah sengaja memberikan tempat permainan bermacam-macam sehingga anak Anda akan betah untuk menikmatinya.


Asal Nama Pantai Ayah 

Mungkin Anda begitu penasaran dengan nama Logending yang disandang oleh Pantai Ayah ini. Nama Logending berasal dari kata “Lo” serta “Gending”. “LO” merupakan nama sebutan pohon yang kayunya bisa dicampur dalam alat musik, dan di dalam bahasa Jawa disebut sebagai Java Gendhing, dua kata ini digabungkan dan menjadi nama Logending.

Menurut cerita, Hutan Pantai Ayah yang berada di Kebumen ini dulunya dipergunakan sebagai tempat pengawasan serta pos penjagaan oleh Tentara Belanda dan Jepang ketika menjajah Indonesia. Adanya anggapan sejarah ini sebenarnya bukan tanpa alasan, hal ini terbukti dari adanya benteng yang berada di dekat pantai. Di tahun 1948 hingga 1950, saat terjadi revolusi di Indonesia, Hutan Jati Logending yang berada di dekat Pantai Ayah ini digunakan sebagai tempat persembunyian pejuang militer untuk mempertahankan wilayahnya.


Hal yang Menarik di Pantai Ayah

Pantai Ayah mempunyai garis pantai yang sangat panjang. Objek wisata yang berada di Kebumen ini telah cukup populer di kalangan wisatawan sebagai salah satu wisata Kebumen yang harus dikunjungi bersama dengan berbagai pantai yang lain. Pantai Ayah sebetulnya juga mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan sebagian besar Pantai Laut Selatan, yakni ombak yang cukup besar serta dikelilingi oleh perbukitan karst. Selain itu Pantai Ayah juga mempunyai pasir yang berwarna hitam kecokelatan, meskipun pasir di Pantai Ayah berwarna hitam kecokelatan, Pantai Ayah tidak kalah dengan pantai yang memiliki pasir putih. Pantai Ayah bukan hanya menjadi salah satu tempat pelelangan ikan yang ada di Kebumen.


Kegiatan di Pantai Ayah

Pantai yang berada kurang lebih 8 km dari Gua Jatijajar ini mempunyai pemandangan alam yang sangat jernih dan indah. Bukan hanya itu, hamparan pasir luas yang sangat landai. Dalam kawasan wisata ini, Anda dapat menghirup udara yang segar sembari berjalan dengan menyusuri pantai. Bukan hanya itu, pengunjung bisa bermain permainan seperti voli pantai, sepak bola.

Berkunjung ke Pantai Ayah bersama dengan keluarga besar? Apabila Anda mengunjungi Pantai Ayah bersama dengan keluarga besar, Anda bisa menikmati suasana di sekitar pantai bersama dengan mereka. Duduk di hamparan pasir yang luas adalah pilihan terbaik, atau menikmati es kelapa muda yang segar. Bahkan, Anda juga bisa mengambil foto kebersamaan bersama dengan seluruh keluarga.

Sesudah puas menikmati seluruh pantai, pengunjung bisa menuju ke kawasan hutan Logending yang berada puluhan meter dari pantai, di hutan ini ada begitu banyak tanaman. Kebanyakan tanaman adalah tanaman lokal dan langka. Salah satu tanaman langka yang bisa Anda temukan ialah kayu mahoni Afrika. Tanaman ini jarang ditemui di hutan lain pada umumnya, oleh sebab itu kawasan hutan dekat Pantai Ayah juga dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka dan pengembangan mahoni Afrika.

Daya tarik yang tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi ialah Muara Ayah Bodo. Kawasan ini merupakan sungai yang memisahkan wilayah Cilacap dan Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Agar bisa menikmati pemandangan di sungai ini, Anda bisa berkeliling dengan cara menyewa perahu nelayan setempat. Di sepanjang sungai, Anda bisa melihat air tenang Bodo, properti Perum Perhutani hingga Pohon tebal payau di sekitar sungai.


Suasana Indah Malam Hari di Pantai Ayah

Keindahan Pantai Ayah bukan hanya terlihat ketika siang hari, namun di malam hari keindahannya juga sangat terlihat. Jika Anda ingin menikmati objek wisata ketika malam hari, Anda bisa mendirikan tenda untuk berkemah di situs Perum Perhutani yang terdapat di hutan jati. Di sini merupakan tempat yang luas, bersih dan sejuk untuk digunakan sebagai tempat berkemah. Bahkan, menariknya lagi, seluruhnya dirancang secara khusus untuk wisatawan yang ingin berkemah.


Oleh-oleh dari Pantai Ayah

Mengunjungi di sebuah tempat wisata tanpa membawa oleh-oleh untuk anggota keluarga di rumah sepertinya kurang lengkap. Oleh-oleh yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Pantai Ayah seperti ikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Ayah menjadi salah satu Tempat Pelelangan Ikan yang berada di Kebumen. Sehingga, bila Anda membeli ikan dari sini, Anda akan mendapatkan ikan dengan harga yang murah, bahkan dijamin sebagai ikan segar yang dibawa oleh nelayan.

Apabila Anda ingin membawa pulang souvenir yang berasal dari Kebumen yakni grobi serta gula kelapa, Anda bisa dengan mudah menemukannya, karena di Pantai Ayah  ada banyak warung yang menjualnya. Jadi, Anda tidak perlu bingung-bingung lagi menyiapkan oleh-oleh.



Sumber: jejakpiknik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply