Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pantai Tiang Bendera di NTT Keindahannya Bikin Traveler Ingin Kembali Berburu Sunset


PEMUDA MARITIM – Banyak pantai dengan pemandangan indah yang ditawarkan di Nusa Tenggara Timur. Tak terkecuali pantai bernama unik, Pantai Tiang Bendera.

Anda mungkin membayangkan ada banyak tiang bendera di pantai ini, sehingga disebut sebagai Pantai Tiang Bendera. Tapi Anda tak akan menemukan tiang bendera dari besi di sini.

Hanya ada sebuah tugu yang terbuat dari semen dan bata di atas batu karang. Konon, tiang ini digunakan oleh Belanda untuk menaikkan bendera.

Jika Anda ingin mengambil foto di bagian tiang bendera, siapkan alas kaki yang kuat agar kaki tak terluka oleh karang yang tajam.

Pantai Tiang Bendera adalah sebuah pantai yang terletak di Baadale, Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini dikenal dengan batu karangnya yang besar.

Untuk sampai ke pantai ini, Anda hanya perlu menempuh jarak 5 kilometer dari pusat kota Ba'a. Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Tiang Bendera adalah menjelang terbenamnya matahari. Karena Anda dapat menyaksikan momen dramatis saat matahari tenggelam.


Berasal dari peristiwa Heroik Rakyat Rote

Batu Tiang Bendera ini sebenarnya adalah gugusan pulau karang yang berjarak sekitar 500 m dari bibir Pantai Baadale. Pemberian nama Tiang Bendera dilatarbelakangi oleh peristiwa heroik perjuangan rakyat Rote mengusir penjajah Belanda.

Mengapa disebut Tiang Bendera? Pasalnya di atas bebatuan karang yang berada di tengah laut, terdapat sebuah tugu batu beton setinggi 2,5 meter yang sengaja dibangun oleh Belanda.

Konon katanya, tiang tersebut sebagai penanda tanah jajahan Belanda pada zamannya. Pengunjung dapat menaiki bukit karang tersebut, namun harus berekstra hati-hati karena karangnya yang sangat tajam. Sebaiknya pengunjung menggunakan alas kaki yang memadai. Jika air sedang surut, pengunjung juga dapat memasuki gua-gua batuan karang yang terdapat di gugusan karangnya.

Pantai Tiang Bendera memang merupakan salah satu tempat andalan terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Pulau Rote. Menjelang sore hari, pantai ini dikunjungi oleh pemuda dan pemudi setempat yang hendak menyaksikan keindahan matahari terbenam. Di pesisir pasir pantainya juga nampak beberapa lopo-lopo (semacam bale-bale/ gazebo yang digunakan untuk bersantai) beratap warna merah. Apabila pengunjung datang di sore hari, maka keadaan pantainya sedang surut namun pesona keindahan pantai ini tak ikut surut. Dihiasi sejumlah batu karang cadas dengan bentuk dan ukurannya yang bervariatif menambah pesona pantai ini.



Sumber: lifestyle.okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply