Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » PERHIMATEKMI Gelar Simposium dan Mukernas 2017

Foto Bersama Anggota PERHIMATEKMI

PEMUDA MARITIM –  Mengambil semangat Hari Maritim Nasional, PERHIMATEKMI mengadakan Simposium dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas). Serangkaian kegiatan ini diadakan di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) pada tanggal 23-24 September 2017. Simposium tentang kemaritiman yang digelar mengundang berbagai unsur, diantaranya pemerintah, aktivis dan akademis untuk mengupas dengan tuntas perihal kemaritiman Indonesia. Sedangkan Mukernas tidak hanya membahas tentang program kerja, namun juga membahas rencana strategis isu-isu kemaritiman di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PERHIMATEKMI, M. Arif Rachman menyampaikan bahwa kemaritiman adalah jati diri Indonesia, sudah sewajarnya Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia. Semangat kemaritiman ini yang harus diyakini akan membawa Indonesia sejahtera. Selain itu, Direktur PPNS Ir. Eko Julianto, M.Sc, MRINA menyampaikan kegiatan Simposium dan Mukernas PERHIMATEKMI ini sangatlah penting untuk menyongsong keberjalan maritim Indonesia, karena pemuda adalah generasi penerus yang akan meneruskan perjuangan mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.

Simposium ini dipandu oleh seorang Moderator, berbagai gagasan dan pemikiran menarik disampaikan oleh para pemateri. Pemateri yang hadir diantaranya Asdep bidang pendidikan dan pelatihan Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya, TB Haeru Rahayu. Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Bidang Agraria dan Kemaritiman, Mahyudin Rumata. Asisten Bidang Geopolitik APMI, Dhini Sastroadmodjo. Wakil Ketua Umum IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia), Nyoman Sudiana. Ketua DPC INSA (Indonesia National Shipowners’ Association) Surabaya, Stenvens H Lesewengen. Dekan FTK ITS, Prof. Ir. Daniel Mohammad Rosyid Ph.D.

Beberapa isu kemaritiman nasional yang diangkat diantaranya, urgensitas penerapan regulasi Green Shipping, tol laut, Pelabuhan dan infrastruktur laut, budaya maritim dan keamanan laut. Sedangkan untuk tema Mukernas adalah “3 Tahun Visi Maritim Indonesia”. Hal ini berkaitan erat dengan konsep yang ditawarkan Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yaitu mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Mahasiswa memiliki peran besar dalam kemaritiman yaitu sebagai penggerak utama, tentang penelitian dan pengembangan IPTEK serta pengawasan kebijakan pemerintah khususnya dibidang kemaritiman mencakup pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan dan potensi-potensi dibidang kemaritiman lainnya. Hal ini senada dengan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga mahasiswa diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dan hal baru bagi kesejahteraan bangsa Indonesia melalui dunia kemaritiman.

Dengan diadakannya Simposium dan Mukernas PERHIMATEKMI ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa gotong royong bagi anggota untuk bersama-sama membangun semangat dan nilai-nilai kemaritiman Indonesia.

(Amir/PM)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply