Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Serunya Eksplorasi Salah Satu Ekosistem Terumbu Karang Terpenting Dunia di Kepulauan Togean


PEMUDA MARITIM – Berbicara mengenai pesona bawah laut yang ditawarkan oleh perairan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Sebagai salah satu negara dengan titik-titik penyelaman terbaik di dunia, wilayah perairan Indonesia hadir dengan keanekaragaman biota laut yang menambah kekayaan biodiversity di lautan Indonesia. Kepulauan Togean yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah, merupakan salah satu surga dari wilayah perairan Indonesia. Kemahsyuran dari Kepulauan Togean sudah sampai ke telinga orang-orang asing. Banyak turis asing yang memang meluangkan waktu mereka untuk menyaksikan sendiri keindahan bawah laut yang ditawarkan oleh Kepulauan Togean. Wilayah perairan dari Kepulauan Togean sendiri merupakan bagian dari ekosistem terumbu karang terpenting di dunia. Julukan "The Heart of Coral Triangle" tak salah jika disematkan kepada wilayah perairan Kepulauan Togean mengingat banyaknya berbagai jenis terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Kepulauan Togean terdiri dari kurang lebih dua puluh lima pulau besar dan kecil yang tersebar di sekitar wilayah perairannya. Pulau-pulau seperti Talatakoh, Una-una, Togean, Batudaka, Walea Kodi, dan Walea Bahi masuk ke dalam kategori pulau besar yang juga menjadi primadona bagi para wisatawan. Menjadi salah satu bagian dari ekosistem terumbu karang terpenting di dunia merupakan bukti dari keanekaragaman terumbu karang yang ada di wilayah perairan ini. Taman Nasional Kepulauan Togean memiliki beragam jenis terumbu karang mulai dari jenis fringing reef, karang penghalang atau barrier reef yang juga dapat ditemukan di wilayah perairan Australia, serta karang cincin atau atoll. Kondisi terumbu karang di wilayah perairan Taman Nasional Kepulauan Togean masih terjaga dengan baik dan kondisi tersebut harus dijaga, salah satunya dengan tidak menyentuh dan merusak sedikitpun bagian dari terumbu karang saat bersnorkeling ataupun diving.

Daya tarik utama lainnya dari Taman Nasional Kepulauan Togean adalah adanya danau air payau yang menjadi habitat ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish). Para pengunjung bebas bercengkrama langsung dengan kawanan ubur-ubur yang menggemaskan inni tanpa harus khawatir tersengat.



Sumber: indonesiakaya.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply