Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Taruna AAL Berangkat Menuju Spanyol


PEMUDA MARITIM – Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut (Seklem AAL), Kolonel Laut (P) Hadi Pranoto, S.Sos., M.Si. (Han) secara resmi melepas keberangkatan Satuan Latihan Kartika Jala Kridha (Satlak KJK) Vigo Spanyol 2017 Taruna/Taruni tingkat III Angkatan ke-64 Akademi Angkatan Laut di Lapangan Apel Mako Resimen Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (12/9). Upacara pelepasan Satlak ditandai dengan penyematan pita tanda latihan kepada perwakilan staf Satlak dan Taruna.

Satlak yang berjumlah 128 terdiri dari staf latihan sebanyak delapan orang, wartawan satu orang, dan Taruna sebnayak 119 orang. Mereka rencananya akan kembali ke Indonesia tanggal 26 November 2017 dengan menggunakan KRI Bima Suci melalui rute pelayaran yaitu Vigo (Spanyol) – Roma (Italia) – Port Said (Mesir) – Jeddah (Arab Saudi) – Salalah (Oman) – Colombo (Srilanka) – Padang – Jakarta – Surabaya.

Dalam pelayaran ini, Satlat Kartika Jala Kridha menggunakan KRI Bima Suci sebagai tempat latihan bagi para Taruna dengan tujuan untuk melaksanakan pelayaran navigasi lingkaran besar, astronomi, dan mempraktekkan semua profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya. Selain itu, juga memberikan wawasan kepada para Taruna tentang tempat-tempat yang disinggahi dan menambah wawasan tentang etika pergaulan internasional serta mengenal kondisi sosial masyarakat setempat.

Peran diplomasi TNI Angkatan Laut sebagai duta bangsa dan negara diemban oleh para Taruna dalam pelayaran ini termasuk untuk mempromosikan budaya Indonesia dan mempublikasikan TNI Angkatan Laut dan Akademi Angkatan Laut dalam rangka menuju World Class Navy dan World Class Naval Academy.

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. dalam amanat tertulis yang dibacakan Seklem AAL mengatakan Latihan Kartika Jala Kridha ini merupakan bagian dari salah satu materi ajaran komponen profesi dasar korps pada pola pendidikan Taruna/Taruni, yang mempunyai tujuan untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sebagai bekal pada penugasan awal menjadi perwira TNI Angkatan Laut.

Hadir dalam acara pelepasan ini para Pejabat Utama Akademi Angkatan Laut, Komandan Satlat KJK Vigo Spanyol 2017 beserta staf dan para perwira pengasuh Taruna AAL.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply