Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Tim Batharasurya Hydrone, Harumkan Indonesia di Ajang Hydrocontest 2017


PEMUDA MARITIM – Melihat kebutuhan akan kapal yang terus meningkat, Hydros Foundation mengundang mahasiswa dari seluruh dunia untuk berinovasi dan berkompetisi dalam Hydrocontest 2017 akan digelar di Saint-Tropez Francis pada 4-10 September mendatang. Dalam perlombaan ini, mahasiswa ditantang untuk merancang kapal yang mampu mengangkut banyak muatan dengan cepat dan hemat energi.






“Kami, Tim Batharasurya Hydrone dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, melihat Hydrocontest 2017 sebagai kesempatan yang tepat untuk belajar, berinovasi, dan menunjukkan bahwa desain yang telah kami rancang mampu meningkatkan effisiensi transportasi maritim Indonesia. Sehingga mampu memotivasi generasi muda agar terus berusaha mewujudkan cita cita bangsa Indonesia menjadi poros maritim dunia” ucap Pieter Mario selaku communication officer tim Batharasuya Hydrone ITS

“Salah satu dorongan kami untuk mengikuti lomba ini adalah untuk mendukung visi pemerintah saat ini untuk lebih mengembangkan sektor kemaritiman, terkhususnya didalam pengembangan transportasi maritim. Dengan adanya kompetisi ini kami dapat mempraktekan ilmu kami yang dapat di bangku kuliah, dimana seharusnya mahasiswa tidak selalu belajar di kelas tapi juga mampu melakukan aksi nyata, learning by doing dan menghasilkan  pemikiran pemikiran yang dapat dikembangkan untuk kamajuan bangsa nantinya” tambah Rahmat Diko Edfi selaku ketua Tim Batharasurya Hydrone   

Selain melakukan simulasi software untuk mengoptimalkan desain kapal yang akan dilombakan, tim Batharasurya ITS juga bekerjasama dengan Laboratorium Hidrodinamika Indonesia dan Laboratorium Hidrodinamika ITS dengan melakukan uji tarik pada prototype kapal. Output dari uji tarik ini adalah estimasi kecepatan dan perbaikan dari desain yang telah ada.

Hingga saat ini tim Batharasurya Hydrone ITS telah menyelesaikan 2 kapal yang akan di berangkatkan ke Francis , kedua kapal ini diberi nama Catamaran Speed Hydrone yang didesain untuk perlombaan dikategori lightweight dan long distance race serta Trimaran Mass Hydrone yang akan dilombakan pada kategori Heavyweight. Salah satu keunggulan dari kapal yang dibuat adalah bisa dibongkar pasang atau menggunakan sistem portable sehingga sangat mudah dibawa kemana saja.

Tim yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda ini diharapkan mampu mengukir prestasi di ajang Hydrocontest 2017 agar bisa menunjukan kepada masyarakat Indonesia, bahwa sudah saatnya kita berpacu pacu untuk terus berkarya dan berinovasi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai negara maritim yang diakui oleh dunia.    

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply