Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Wisata Pantai Tanjung Karang


PEMUDA MARITIM – Pantai Tanjung Karang terletak di kabupaten Donggala, Sulawesi tengah yang dapat dicapai dengan berbagai alat transportasi selama 30 menit sampai dengan 1 jam perjalanan dari pusat kota palu, entah menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Untuk pendatang, penyewaan rental mobil dapat dilakukan dengan berbagai harga yang bervariasi, mulai dari Rp. 250.000 sedangkan yang ingin menyewa ojek ataupun mencarter angkutan umum bisa mencarinya di jalan Imam Bonjol dan Pasar Inpres, paling sedikit menghabiskan budget Rp. 50.000-Rp. 100.000/orang untuk mencapai tempat itu.

Perjalanan menuju pantai Tanjung Karang tidak akan membosankan karena sepanjang jalan yang dilewati bersisihan dengan pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah. Tata daerah lingkungan yang rapi dan bersih kabupaten donggala membuat mata terkagum-kagum saat melihatnya. Bagi pecinta fotografi ataupun model tempat-tempat ini bisa menjadi spot yang menarik.
Meskipun cukup jauh dan sedikit tersembunyi, keindahan pantai tanjung karang banyak menarik perhatian turis-turis asing untuk melakukan diring ataupun berjemur di bawah matahari. Pantai Tanjung karang ini, sangat digemari oleh para turis karena memiliki landscape yang unik. Di satu sisi, terdapat pantai landai dengan hamparan pasir putih dengan air yang dangkal. Sementara, sisi yang lainnya lagi ada tebing tinggi dengan laut yang cukup dalam.

Selain alasan keindahannya, tempat wisata pantai tanjung karang ini sangat membantu para wisatawan memenuhi keinginannya untuk menghabiskan waktu, dengan menyediakan beragam fasilitas yang memanjakan serta menggoda selera. Untuk tempat beristirahat tersedia Cottage dan Tenda, untuk yang ingin berjeliling disediakan Perahu dan Banana Boat, tersedia juga Perlengkapan berenang, snorkeling serta diving seta makanan dan minuman untuk mengganjal perut yang lapar.

Cottage yang disewa dengan harga yang bervariasi, tergantung fasilitas yang ada di dalamnya. Harganya berkisaran Rp.100.000-Rp.500.000. Tapi, jika hanya datang sendiri ataupun berdua, menyewa tenda adalah hal yang tepat untuk dilakukan karena hanya membutuhkann budget yang sedikit, sebesar Rp. 50.000.

Jika ingin berpetualang di atas laut, tersedia Perahu dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil sampai ukuran yang besar, bagi yang ingin menikmati keindahan bawah laut namun tidak ingin menyentuh air, tersedia juga kapal yang memiliki kaca di bagian bawahnya. Harga perahu ini tergantung jumlah orang yang ada di dalamnya, dimulai Rp.20.000/orang untuk satu kali putaran.
Fasilitas yang disediakan untuk berenang di pantai tanjung karang cukup lengkap. Bagi yang ingin berenang dan tidak mempunyai persiapan apa-apa dalam hal perlengkapan, tempat ini sangat lengkap fasilitasnya. Kita bisa menyewa ban pelampung, kacamata renang, kaki kodok dan snorkel yang disewa dengan harga yang relatif murah untuk setiap itemnya, yaitu Rp. 10.000.
Jika sehabis mandi merasakan lapar atau haus, berbagai jenis makanan dan minuman tersedia, diantaranya nasi kuning, pisang goreng, bakso, mi kuah, mi goreng, nasi goreng, ikan bakar, sayur. Sementara, untuk minuman tersedia soft drink dengan pilihan yang cukup lengkap, pememesan kopi ataupun teh dapat dilakukan di sini.

Wisata pantai tanjung karang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya, sangat rugi jika tidak melakukan snorkeling di tempat ini, karena fasilitasnya pun tersedia lengkap. Pemandangan yang menakjubkan akan ditemukan di dalam laut. Hanya melangkah 3 meter dari bibir pantai, keindahan itu sudah bisa dinikmati. Jika tidak menyukai kegiatan snorkeling, diving juga dapat menjadi pilihan. Tidak hanya fasilitas Snorkling dan Diving yang dapat kita sewa, tapi beserta guide yang akan membawa para penyewa menuju spot snorkeling dan diving menggunakan perahu dan bersedia menunggu penyewa sampai puas melihat keindahan bawah laut.

Bagi para mancing mania, fasilitas perahu tersedia di sekitar Pantai Tanjung Karang. Jenis perahu yang di sewakan sangat bervariasi, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Perahu ukuran kecil dengan muatan 3 orang untuk memancing di malam hari yang tidak jauh dari bibir pantai merupakan salah satu pilihan yang tepat. Harga yang ditawarkan biasanya Rp. 100.000 semalam, sudah termasuk pemandu.

Mancing dimalam hari dapat juga menggunakan perahu wisata yang bisa di gunakan di siang hari untuk mengangkuk wisatawan mengelilingi pantai. Pilihan ini cocok jika anda datang sekitar 5-6 orang. Sewa yang ditawarkan oleh pemilik perahu berkisar Rp. 200.000 semalam, sudah termasuk pemandunya. Area yang ditempati memancing di sekitar bibir pantai, sejauh sekitar 100 meter.

Bagi mancing mania, yang biasa memancing di laut dalam dapat menyewa perahu yang lebih besar. Pemancing yang biasanya bermalam di tengah laut plihan ini sangat tepat karena berbagai fasilitas di dalamnya cukup lengkap. Daerah yang dapat di jangkau dengan menggunakan perahu besar tentu lebih jauh, seperti jika ingin memancing di daerah Pasoso yang terkenal dengan keindahan dan jenis ikan yang dapat ditemukan.

Demikian gambaran tentang sketsa perjalanan, transportasi yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke tempat wisata pantai Tanjung Karang, Donggala, Palu, Sulawesi Tengah serta beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di sana. Beberapa fasilitas telah digambarkan yang disertai harga yang perlu dikeluarkan. Semoga bisa menjadi sumber informasi bagi yang ingin merasakan keindahan pantai dan surga bawah laut.



Sumber: wisatapalu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply