Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Wujudkan Poros Maritim Dunia, Tim ENJ Universitas Riau 2017 Dilepas Menuju Kepulauan Meranti


PEMUDA MARITIM – Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas (ENJ) Universitas Riau 2017 akan melaksanakan kegiatan di Desa Bokor, Kabupaten Kepulauan Meranti terhitung sejak tanggal 14-23 September 2017 mendatang.

Tim yang berjumlah 25 orang dan diketuai oleh M Anwar Fuad itu merupakan bagian dari program Kemenko Maritim dalam mewujudkan Poros Maritim Dunia melalui Nawcaita. Salah satu poin Nawacita yang membangun Indonesia dari pinggiran, direalisasikan melalui pembangunan pulau terpencil, terdepan dan terluar.

Program kerja yang akan dilakukan oleh Tim ENJ Universitas Riau meliputi kegiatan pendidikan, lingkungan, kesehatan, promosi daerah yang nantinya akan disinergikan dengan program pemerintah setempat.

Hal itu diungkapkan ketua tim M Anwar Fuad Kamis (14/9/17) melalui keterangan persnya. Menurut dia, sebelum turun ke Kepulauan Meranti, Tim ENJ Universitas Riau 2017 berkomunikasi dengan alumni ENJ dari Riau tahun 2016  untuk mendapatkan gambaran terkait kegiatan pengabdian pada masyarakat di daerah pesisir.

"Beberapa nasehat yang disampaikan alumni berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan adalah untuk selalu menjaga sikap dan melakukan pendekatan dengan masyarakat dalam melaksanakan semua program yang telah direncanakan agar berjalan lancar dan aman," ungkap Anwar biasa akrab disapa.

Terkait hal itu, Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi menyampaikan pesan agar kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa serta  menjadi pemantik semangat untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

"Saya berharap mahasiswa yang menjadi bagian dari tim ekspedisi dapat berkontribusi nyata, berpartisipasi aktif dan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari selama ini di kampus Universitas Riau di dalam berkegiatan dengan masyarakat Kepulauan Meranti," ujar Rektor Universitas Riau.

Sehari sebelumnya, Tim Ekspedisi  Nusantara Jaya Universitas Riau 2017  dilepas Rektor Universitas Riau di Ruang Atlantik Gedung Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Acara pelepasan ekspedisi ini dihadiri langsung perwakilan Kemenko Maritim.

Dipilihnya Desa Bokor di Kepulauan Meranti sebagai daerah pengabdian Tim ENJ Universitas Riau 2017 karena sesuai kriteria sebagai daerah terpencil. Namun di sisi lain, daerah itu memilki potensi pariwisata unggulan dan potensi bahari lainnya.

Sehingga tugas Tim ENJ Universitas Riau 2017 di sana selain membina masyarakat setempat juga untuk mempromosikan Kepulauan Meranti sebagai destinasi wisata nasional yang tak kalah dengan daerah lainnya.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply