Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Banda Neira, Surga di Maluku


PEMUDA MARITIM – Nama Banda Neira memang tak sepamor Raja Ampat yang berada di Papua Barat, namun keindahannya patut disandingkan. Tak hanya memiliki kekayaan alam bawah laut saja tetapi Banda Neira yang berada di Maluku Tengah ini kaya akan sejarah serta pemandangannya yang aduhai.

Belum banyak wisatawan domestik memilih berwisata ke Pulau Banda, sementara wisatawan mancanegara sudah berlomba-lomba berdatangan untuk mengunjungi dan menikmatinya.

Namanya memang terdengar familiar apabila kembali mengingat pelajaran sejarah karena lokasi ini merupakan tempat pengasingan beberapa pahlawan, di antaranya adalah Bung Hatta dan Sutan Syahrir.

Tak heran di Banda Neira terdapat banyak museum dan beberapa situs sejarah lainnya. Mulai dari Rumah Pengasingan Bung Hatta, Rumah Pengasingan Sutan Syahrir, Rumah Budaya, Benteng Belgica, Istana Mini dan masih banyak lagi museum lain yang juga bisa disambangi.

Selain kaya akan sejarah, wisata alam di Banda Neira ini akan terus membuat decak kagum. Pemandangan Gunung Api yang indah dan berdekatan dengan laut lepas juga membuat pesona alam yang berbeda dengan lokasi lainnya.

Ditambah dengan lautnya yang jernih dan kekayaan bawah laut yang memesona. Cukup dengan menggunakan perahu motor menyeberang ke Pulau Hatta selama 30 menit, maka Anda bisa menemukan spot menyelam yang indah. Bagi para penyelam, Pulau Hatta merupakan salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi apabila datang ke Banda Neira.

Banda Neira juga dikenal sebagai pemasok buah pala berkualitas tak hanya di Tanah Air tetapi juga telah diakui oleh dunia. Tempat ini bahkan jadi markas penjajah karena melihat kekayaan pala yang melimpah ruah.

Jika kamu berkunjung ke Banda Neira jangan sampai melewatkan untuk mencicipi kuliner khas seperti sirup pala, kopi pala, dan manisan pala. Kuliner ini juga biasanya dibawa sebagai tanda mata khas dari Banda Neira.

Nah, buat kamu yang mau traveling ke Banda Neira, pilih penerbangan pukul 00:30 WIB apabila kamu bertolak dari Jakarta dan perkiraan tiba di Ambon pukul 06:00 WIT. Dari bandara kamu menggunakan mobil sewaan dengan perjalanan selama 1.5 jam menuju ke Pelabuhan Tulehu untuk menyebrang dengan kapal ke Banda Neira. Sesuaikan juga jam penerbangan ke Ambon dengan jadwal kapal di Pelabuhan Tulehu, karena kapal menuju Banda Neira hanya ada di hari Rabu dan Minggu pada pukul 09:00.

Sebelum menuju pelabuhan mampir dulu untuk belanja perlengkapan dan kebutuhan perbekalan di Hypermart, Maluku City Mall. Jadi ketika sampai Banda Neira kamu tinggal menikmati liburan dengan seru tanpa takut kekurangan stok makanan.



Sumber: hypercermat.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply