Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Jelajah Keindahan Bawah Laut Bitung di Festival Pesona Selat Lembeh 2017


PEMUDA MARITIM – Kota Bitung, di Sulawesi Utara memiliki pesona alam yang memikat. Mulai dari wisata bahari, wisata budaya, wisata petualangan, hingga wisata kuliner bisa Anda dapatkan dalam sekali kunjungan.

Dikenal sebagai kota industri dalam bidang perikanan, kini Bitung akan mengembangkan diri dalam bidang pariwisata. Memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk menarik para wisatawan dari berbagai daerah dan negara lain.

Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan bahwa Bitung memiliki destinasi yang lengkap untuk wisatawan yang meliputi laut, pulau, dan hutan. Untuk wisata bahari, Selat Lembeh adalah destinasi utama yang menjanjikan. Dengan 95 titik penyelaman, para penyelam dapat menyaksikan biota laut endemik yang terbilang unik dan aneh.

Kemudian untuk wisata adventure, Anda dapat berkunjung ke Cagar Alam Nasional Tangkoko. Di hutan ini, wisatawan dapat melihat flora dan fauna yang unik, termasuk primata endemik yakni yaki dan tarsius.

"Kita akan tampilkan sebagai satu destinasi bagi wisatawan yang datang ke Bitung. Juga sebagai religi dan budaya, akan kita rangkum dalam Festival Pesona Selat Lembeh," jelas Maximiliaan dalam konferensi pers Festival Pesona Selat Lembeh di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2017).

Festival Pesona Selat Lembeh sendiri akan dilakukan kedua kalinya di tahun ini. Digelar pada 6 - 10 Oktober 2017 di Pelabuhan Satkamla Lantamal VIII Kota Bitung, festival ini mencakup berbagai kegiatan yang menarik untuk mendatangkan wisatawan.

Berbagai kegiatan yang akan digelar di antaranya adalah parade kapal, parade budaya, festival kapal hias, festival kuliner, festival tuna, lomba renang Selat Lembeh, perahu hias, penanaman terumbu karang, lomba lari 10 km, fotografi, hingga pagelaran budaya seperti pertunjukan tari tradisional.

"Kita ingin menampilkan roh dari pelaksanaan Pesona Selat Lembeh. Orang berpikir olahraga sepeda pasti di Singkarak, berpikir bunga di Tomohon, sedangkan fesyen pasti di Jember. Ke depan kami ingin menampilkan sailing pass (parade kapal).Sehingga ketika orang berpikr parade kapal, itu hanya ada di Selat Lembeh," ujar Sekretaris Daerah Bitung, Audi.

Dalam parade kapal tersebut, tiga Kapal Perang Indonesia dari TNI Angkatan Lait dipastikan akan turut serta untuk meramaikan acara. Selain itu, baik kapal nelayan maupun kapal wisata dari berbagai ukuran akan dihadirkan untuk berpartisipasi dalam parade ini, termasuk kapal pesiar.

Selain berbagai kegiatan mencakup budaya dan kuliner, salah satu kegiatan yang cukup unik dalam rangkaian Festival Pesona Selat Lembeh adalah Thanksgiving Day pada 10 Oktober. Ini merupakan kegiatan pengucapan syukur yang telah menjadi tradisi penduduk Bitung.

"Semua penduduk akan mengadakan Thanksgiving Day, makan siang bersama. Seluruh tamu akan makan siang bersama di Kota Bitung. Dengan catatan menu yang dikedepankan adalah menu ikan laut, itu yang jadi ciri khas. Seperti cakalang dan tuna," tandas Audi.



Sumber: okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply