Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Kapo Kapo Disiapkan Jadi Desa Wisata Andalan di Sumatera Barat

Ilustrasi Pulau

PEMUDA MARITIM – Sejumlah daerah di Sumatera Barat terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pariwisata yang ada. Salah satunya dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (pessel).

Pemkab Pessel mempersiapkan salah satu destinasi wisata unggulan yaitu Kampung Kapo-Kapo. Kawasan ini masuk dalam Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan sebagai desa wisata andalan.

Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan salah satu pembenahan yang dilakukan adalah penginapan atau home stay yang ada di daerah tersebut.

“Saat ini di lokasi sudah terdapat ‘home stay’ yang memungkinkan wisatawan bermalam di sana,” katanya.

Ia menambahkan, Kapo Kapo dihuni 18 kepala keluarga yang memiliki hunian memadai, berbeda dengan sebelumnya namun berkat dukungan berbagai pihak hunian memadai bisa dibangun.

Selain itu, pemkab saat ini tengah berencana mendesain ulang pulau tersebut dengan menanam pohon, pembuatan taman sehingga menjadi lebih menarik.

“Tinggal polesan sedikit lagi, Pulau Kapo-Kapo akan menjadi desa wisata andalan Pesisir Selatan,” ujarnya.

Ia menyebutkan di pulau berpasir putih tersebut banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan seperti memancing, selam permukaan, selam dangkal, berkemah dan lainnya.

Selain itu pada pulau tersebut juga terdapat hutan bakau yang menjadikan suasana begitu asri. Masyarakat setempat, Darlis (50) menyebutkan, kemajuan pariwisata di kabupaten setempat membawa angin segar bagi warga yang menetap di Pulau Kapo-Kapo.

“Dahulunya kami hanya mengandalkan hasil tangkapan ikan untuk menopang perekonomian keluarga, tapi sekarang kami bisa menyewakan kamar untuk menginap wisatawan,” katanya.

Selain itu, warga disana juga menjual makanan hingga minuman bagi wisatawan. Menurutnya setiap akhir pekan selalu saja ada wisatawan yang berkunjung ke daerah itu bahkan diantaranya menginap beberapa hari, seperti dilansir dari humas.



Sumber: padangkita.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply