Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Pangarmatim: Hijrah Tidak Hanya Perpindahan Fisik Belaka!


PEMUDA MARITIM – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJAT) Ny. Ina Darwanto beserta seluruh prajurit dan ASN Koarmatim, memperingati Tahun Baru Islam  1 Muharram 1439 H / 2017 M di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung Surabaya, Rabu (27/09).

Mengawali acara, Pangarmatim menyampaikan amanatnya bahwa kegiatan peringatan Tahun Baru Hijriyah ini dimulai sejak jaman Khalifah ke dua setalah wafatnya Rasulullah, Umar Bin Khattab. Dari hasil kesepakatan kaum Muslim menetapkan 1 Muharram menjadi awal Tahun Baru Islam karena didalamnya terkandung nilai, kepentingan, dan hikmah yang sangat besar dalam rangka penyebaran ajaran agama Islam.

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H merupakan peristiwa simbolis yang mengandung harapan bagi umat Islam untuk meraih pengharapan yang lebih baik. Tahun baru yang didasarkan pada keyakinan dan kesadaran terhadap peristiwa penting dalam kehidupan Nabi besar Muhammad SAW yaitu hijrahnya beliau dari kota Mekah ke Madinah.

"Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW mengajarkan bahwa hijrah tidak hanya bermakna perpindahan secara fisik belaka, tetapi juga merupakan upaya perpindahan yang menyeluruh, baik fisik maupun mental seseorang menuju kehidupan yang lebih baik dalam mencari rindho Allah SWT. Makna hijrah merupakan peristiwa yang dinamis guna mengubah cara bersikap dan bertingkah laku secara lebih terarah mencapai kehidupan yang lebih baik," kata Pangarmatim.

Dengan tema "Melalui Hikmah Tahun Baru Islam 1439 H kita mantapkan jati diri TNI menuju sikap mental  yang baik guna mewujudkan prajurit TNI yang kuat profesional dan di cintai rakyat." Selanjutnya, dalam ceramah oleh KH. Ali Masyhuri yang merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, mengatakan sikap seseorang dipengaruhi dari teman dekatnya.

"Pandai-pandailah mencari seorang teman, karena di balik kehebatan dan kesuksesan seseorang ada dukungan, bantuan, dan peran dari teman yang jujur dan sholeh, karena manusia merupakan makhluk sosial. Selain itu, sebagai seorang prajurit TNI yang ingin dicintai rakyat, maka TNI harus selalu mengayomi dan melindungi rakyat." pesan KH. Ali Masyhuri

Turut hadir pada acara tersebut antara lain, Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar. Tory Subiyantoro, para Asisten Pangarmatim, Pejabat Utama Koarmatim, Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Roberth W. Tappangan, prajurit, dan ASN Koarmatim, serta para pengurus inti daerah Jalasenastri Armatim.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply