Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pulau Weh di Aceh: Petualangan Dunia Bawah Laut Paling Menakjubkan di Indonesia


PEMUDA MARITIM – Pulau Weh adalah sebuah pulau vulkanik berbukit, berada dengan tenang di puncak Sumatera bagian utara. Ini hanya perjalanan singkat dari Banda Aceh. Pulau ini adalah surga sejati, baik di atas maupun di bawah permukaan laut. Desa-desa yang paling populer di Pulau Weh sangat cocok untuk backpacker. Pulau Weh memang merupakan surga yang sempurna untuk bersantai dan bersenang-senang.

Pulau weh memiliki gunung berapi, perbukitan hijau subur, pemandangan mempesona, pantai berpasir putih dan lautnya yang jernih. Bawa sandal jepit, tabir surya, dan bersiap untuk tidur di hammock di laut (jika Anda tidak menghabiskan seluruh waktu Anda di bawah air). Perhatikan bahwa Pulau Weh bukan pulau tempat party. Tidak ada kelab malam, dan alkohol sulit didapat karena dilarang keras di wilayah Aceh.

Tempat Wisata Menarik di Pulau Weh

Iboih

Pantai Iboih adalah tempat yang paling populer di kalangan backpacker, terletak di sisi barat pulau. Pantai Iboih akan membawa harapan Anda atas 'keindahan alam' ke tingkat yang baru. Pulau kecil, surga yang tersembunyi sebagian besar tetap tak tersentuh oleh banyak kunjungan wisatawan, memberikan suasana yang lebih santai dan santai. Hutannya dengan baik dilindungi oleh garis pantai Iboih yang menawan, pasir keemasan yang penuh dengan batu-batu raksasa. Air dangkal laut yang begitu jelas dapat melihat dasar laut, memiliki rona kebiruan-hijau yang memancarkan perasaan damai dan relaksasi. Pantai yang tampaknya melengkung, menyerupai bibir, tersenyum dan menyambut orang-orang untuk datang dan mengambil bagian dalam kehangatan dan melihat flora dan fauna yang eksotis dari hutan hujan tropis yang merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia.


Gapang

Gapang adalah tempat yang lebih kecil dan lebih tenang untuk tinggal di pulau ini dan merupakan tempat pantai yang indah berada. Dari sini, Anda bisa berjalan ke Balek Gunung dimana Anda bisa melihat flying foxes, mengunjungi air terjun dan melakukan trekking hutan. Di Pantai Gapang terdapat penginapan dari beberapa gubuk pantai sederhana, juga bungalow yang lebih mewah untuk menginap dengan AC dan shower air panas, dan Anda bahkan dapat memilih untuk tetap tinggal di salah satu resor jika menginginkan lebih.


Sumur Tiga

Pantai tropis yang belum terjamah ini terletak di pantai timur Pulau Weh, hanya 15 menit berkendara dari Pelabuhan Balohan. Suasana tenang dan damai dan Pantai Sumur Tiga adalah tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbit yang mempesona pada dini hari.


Gua Sarang

Banyak pengunjung berpendapat bahwa Pantai di Gua Sarang yang terdapat di Sabang ini merupakan miniatur Pantai Phuket yang ada di Thailand. Di Gua Sarang, Anda akan dapat melihat guratan dinding-dinding gua batu yang berdiri kokoh di tebing dan perbukitan hutan hijau lebat serta air laut yang begitu jernih yang langsung menghadap Samudera Hindia.


Aktivitas Menarik di Pulau Weh

Pulau Weh akan mencuri hati para traveller yang menghargai alam. Ini adalah jenis tempat di mana Anda bisa menjauh dari keramaian dan pesta. Pulau ini menawarkan pantai yang indah, perairan jernih, alam tak tersentuh dan beberapa kehidupan laut terbaik di seluruh Indonesia. Inilah beberapa hal hebat yang harus dilakukan di Pulau Weh;


Menikmati Pantai

Hal yang jelas yang harus dilakukan saat Anda tiba di Pulau Weh adalah dengan hanya berbaring dan menikmati pantai! Pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk menyerap suasana tropis. Hanya berbaring di tempat tidur gantung, minum kelapa muda, berenang sedikit dan rileks.


Diving and Snorkeling

Sebagian besar traveller datang ke Pulau Weh untuk menyaksikan kehidupan bawah laut yang sungguh menakjubkan! Anda akan tercengang dengan keragaman satwa liar. Anda bisa melihat hiu paus, pari manta, kura-kura, barakuda, ikan pari, lumba-lumba dan banyak lagi.

Lautan di Iboih adalah tempat Taman Laut Pulau Rubiah. Anda akan mulai di ujung selatan dan arus membawa Anda dengan lembut ke ujung utara. Anda bisa snorkeling persis di lepas pantai dan Anda juga bisa menyewa kapal untuk melakukan perjalanan snorkeling, membawa Anda ke tempat terbaik.

Jika Anda adalah penggemar menyelam Anda tidak akan kecewa. Diving di sini terjangkau dibandingkan dengan tempat lain di Indonesia. Ada 20 tempat menyelam untuk dipilih dan cocok untuk berbagai tingkat. Beberapa tempat memiliki arus yang sangat kuat dan penyelaman dekompresi yang dalam, hanya cocok untuk penyelam berpengalaman.


Menjelajahi Pulau dengan Sepeda Motor

Jika sudah bisa mengendarai sepeda motor tadi, jangan lewatkan menyewa satu di sini sehingga Anda bisa menjelajah. Pulau ini memiliki tiga jalan utama yang beraspal, sehingga mudah ditemukan. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk perjalanan dari satu sisi ke sisi yang lain. Dalam perjalanan, Anda akan disuguhi jalan berkelok-kelok yang kosong, pemandangan yang menakjubkan, dan tempat yang tak tersentuh.

Jika Anda berkendaraan keliling pulau, disarankan berhenti di Tugu Kilometer 0 dan mengambil foto di sana. Inilah ujung paling barat negara Indonesia di mulai. Harga sewa sebuah sepeda motor seharga Rp 100.000 sehari.


Perjalanan Menelusuri Hutan ke Gunung Keris

Gunung Keris adalah puncak tertinggi di Pulau Weh. Dalam perjalanan melalui cagar alam Anda akan melihat banyak burung dan kupu-kupu. Ini adalah perjalanan yang menyenangkan dan Anda bisa melihat-lihat pemandangan pulau dengan baik pada saat mendaki. Jika Anda menginginkan petualangan setengah hari, dapatkan sepatu hiking Anda dan pergi!


Makanan

Jangan berharap ada masakan kelas atas dan fast food di Pulau Weh. Sebagian besar pemilik penginapan dan kafe yang terletak di desa wisata populer menyajikan makanan sederhana khas Indonesia dan barat. Hidangan terbaik biasanya yang lokal.


Penginapan di Pulau Weh

Ada banyak pilihan untuk akomodasi di Pulau Weh. Sebagian besar akomodasi ditargetkan pada backpacker. Hotel-hotel mulai dari pondok sederhana di tepi pantai hingga bungalow jarak menengah dan resor kecil. Terlepas dari apa yang Anda pilih, Anda hampir bisa menjamin pemandangan yang indah.

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, mudah menemukan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat Anda tiba karena kebanyakan pondok backpacker tidak beriklan secara online. Untuk akomodasi mid-range direkomendasikan treetop Guesthouse yang ramah lingkungan. Pilihan bagus lainnya untuk kisaran anggaran ini adalah Freddies Santai Sumurtiga dan Pulau Weh Resort, keduanya sangat direkomendasikan dan menawarkan bungalow di tepi pantai.


Menuju Pulau Weh

Dari Banda Aceh, Anda perlu menempuh perjalanan 40 kilometer untuk sampai ke pelabuhan Ulue-lue. Dari sini Anda bisa naik feri ke Pulau Weh. Feri cepat berangkat dua kali sehari pada pukul 09.30 dan 16.00. Dibutuhkan sekitar 1 jam dan dikenakan biaya Rp 80.000 untuk tiket kelas ekonomi. Tiket reguler sedikit lebih mahal. Atau Anda juga bisa naik feri yang lamban. Ini berangkat pukul 8 pagi dan 2 siang dan memakan waktu 2,5 jam. Biayanya Rp 25.000. Semua kapal tiba di Pelabuhan Balohan. Dari sini, Anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor ke tempat tujuan Anda di pulau ini.

Dari Medan, Anda dapat lansung terbang dari Bandara Kualanamu  ke Sabang. Sabang adalah kota utama Pulau Weh. Kota inimemiliki bandara sendiri akhir-akhir ini sehingga sangat mudah untuk mengakses pulau ini. Garuda Indonesia dan Wings Air mengoperasikan penerbangan ke bandara dari Medan.



Sumber: pedomanwisata.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply