Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Sosialisasi Buku Maritime Review, Ketua PPAL Sambangi Koarmatim


PEMUDA MARITIM – Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menerima kunjungan Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) Pusat yaitu Laksamana Madya (Laksdya) TNI (Purn) Djoko Sumaryono dalam rangka Sosialisasi Buku tentang Maritime Review, bertempat di Gedung Laksamana Nala Koarmatim, Ujung Surabaya, Selasa (10/10).

Selanjutnya, pada acara yang dihadiri para sesepuh TNI AL dari PPAL wilayah Surabaya dan prajurit jajaran Koarmatim, Laksdya TNI (Purn) Djoko Sumaryono melakukan sosialisasi buku Maritime Review yang berjudul Momentum Menyelesaikan Masalah Mendasar di Laut sebagai Prasyarat Terwujudnya Negara Maritim yang Maju di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim

Dalam sambutannya, Pangarmatim menyampaikan bahwa kebijakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia bukan satu hal yang dapat dicapai dengan mudah, melainkan menuntut peran aktif dari seluruh komponen bangsa termasuk peran TNI Angkatan Laut dan PPAL.

"Diharapkan peran TNI Angkatan Laut dan PPAL dapat mewujudkan karya nyata dalam mendukung pencapaiaan visi membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia," ujarnya.

Laksda TNI Darwanto juga mengatakan salah satu peran PPAL dalam mendukung kebijakan poros maritim dunia, dapat berupa sumbangsih buah pikir yang di peroleh melalui kajian dan diskusi. Dan salah satu kegiatan yang dilaksanakan PPAL berupa pelaksanaan focus group discussion yang membahas permasalahan mendasar di laut sebagai prasyarat terwujudnya negara maritim yang maju. Dari hasil Focus Group Discussion kemudian disusun dalam bentuk penerbitan buku Maritime Review ini.

Penerbitan buku ini ada dua makna penting sebagai bahan evaluasi terhadap peran PPAL dalam mewujutkan visi poros maritim dunia yang telah dilaksanakan pada kurun waktu satu tahun terakhir dan sebagai bahan informasi sekaligus untuk menyamakan persepsi dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Di akhir amanatnya, Pangarmatim sangat mengapresiasi sumbangsih pemikiran warga PPAL bagi kemajuan pembangunan dunia kemaritiman Indonesia.

Dalam masa purna tugasnya, para purnawirawan TNI Angkatan Laut masih memberi kontribusi intelektual bagi bangsa dan negara, serta melahirkan ide-ide kreatif dan terobosan baru.

PPAL mempunyai moto "Adhi Dharma Purnawira" akan selalu menuntun dalam mencetak kemajuan bagi diri dan lingkungannya hingga tiada batas akhir meskipun di usia yang lebih dari seperempat abad.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kasarmatim Laksma TNI Roberth Wolter Tappangan, S.H., para Komandan Lantamal Wilayah Timur, para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Lanal Wilayah Timur, dan seluruh Perwira Koarmatim, Lantamal V serta PPAL Wilayah Surabaya.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply