Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Tanjung Tuha Pasir Putih, Wisata Bahari nan Menawan di Ujung Sumatera


PEMUDA MARITIM – Akhir pekan kali ini, lokasi yang patut menjadi salah satu pilihan tempat menikmati waktu bersama keluarga di Lampung Selatan adalah Tanjung Tuha Pasir Putih. Sesuai namanya, wisata bahari ini akan memanjakan pengunjung dengan objek wisata yang masih alami dengan hamparan pasir putihnya.

Destinasi yang berlokasi di Dusun Sukarame Desa Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan tersebut juga dikenal dengan tanjung tuha empat, berdekatan dengan batu liut, legun bawang yang juga berada dalam satu jalur dan mudah diakses menggunakan kendaraan roda dua. Bahkan bagi pengunjung saat masuk ke area tanjung tua pasir putih sudah disambut dengan jajaran pohon mangrove dengan muara sungai berbentuk kanal yang masih jernih.

Bambang Nuraini Salam (37), pengelola dan penanggungjawab destinasi wisata tanjung tuha pasir putih menyebutkan, objek tersebut termasuk baru dikembangkan. Melalui koordinasi bersama, masyarakat bahu membahu untuk memberikan yang terbaik kepada pengunjung.

"Awal mulai ramai dikunjungi masyarakat sejak awal pergantian tahun ini, selanjutnya bulan Maret mulai diaktifkan dengan pembenahan lokasi serta penambahan fasilitas untuk memudahkan wisatawan," terang Bambang Nuraini Salam kepada Cendana News, Minggu (27/8/2017).

Semenjak ramai dikunjungi, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) mulai menyediakan beberapa fasilitas, tempat parkir bagi pengendara roda dua dan roda empat. Sebuah jembatan terbuat dari batang kelapa dipadukan dengan beberapa kayu alami sepanjang 7 meter di atas sungai sebagai penghubung area parkir ke lokasi wisata tanjung tuha pasir putih.

Selain disambut dengan jembatan yang disebut dengan jembatan keberuntungan wisatawan langsung disembut dengan keteduhan dan rerimbunan pohon mangrove, api api, ketapang, waru laut, kemiri laut, cemara dan berbagai pohon lain yang sengaja dipertahankan oleh pengelola.

"Pengembangan lokasi wisata juga dilakukan dengan menambah fasilitas dan wahana permainan termasuk perahu untuk berkeliling ke Pulau Sindu," terang Bambang.

Selain menawarkan keindahan pantai dan lokasi untuk berenang dan bermain anak anak di tanjung tuha pasir putih juga disediakan fasilitas gardu pandang setinggi 8 meter serta fasilitas warung makan yang bisa digunakan untuk tempat bersantai. Fasilitas mushola dan toilet serta penyewaan ban sebagai sarana berenang anak anak dan jaket pelampung juga telah disiapkan di lokasi tanjung tuha pasir putih.

Hingga kini Bambang menyebut kunjungan ke destinasi wisata tersebut masih sepi saat hari biasa, namun pada hari raya dalam satu hari kunjungan wisatawan bisa mencapai angka ratusan orang sementara pada akhir pekan masih dikunjungi sebanyak puluhan pengunjung dengan tarif masuk Rp10 ribu.

Johan, salah satu pengunjung yang datang bersama anak dan isterinya menyebut memilih berwisata ke tanjung tuha pasir putih karena lokasinya yang teduh dan cukup nyaman bagi anak anak. Ia bahkan menyebut mengajak anaknya berenang menggunakan ban pelampung dan menikmati suasana liburan yang cukup nyaman di pantai tanjung tuha pasir putih.



Sumber: cendananews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply