Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bersama Masyarakat, Lanal Lampung Transplantasi Terumbu Karang di Pahawang


PEMUDA MARITIM – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung melaksanakan transplantasi bibit terumbu karang di perairan sekitar area wisata pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung, beberapa waktu yang lalu.

Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi menyampaikan bahwa kegiatan penanaman terumbu karang tersebut diselenggarakan oleh TNI AL dalam hal ini Lanal Lampung bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang telah mentransplantasi terumbu karang sebanyak 1400 buah yang ditanam dalam 100 media beton dan dipasang di beberapa spot diving sekitar pulau Pahawang.

"Ini adalah bentuk perhatian TNI AL dan kegiatan yang kedua kalinya dari Lanal Lampung, yang salah satu tugas pokoknya adalah pemberdayaan potensi maritim, mari kita jaga dan lestarikan lingkungan laut, hindari pengrusakan terhadap terumbu karang serta menjaga kebersihan laut terutama dari sampah plastik sehingga membawa dampak positif terhadap kunjungan wisatawan," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Margono, menyampaikan terima kasih kepada Lanal Lampung dan Masyarakat Pahawang serta membagikan brosur tentang Panduan Selam dan Snorkeling Ramah Lingkungan dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut.

"Dengan terlibatnya masyarakat langsung dalam pengelolaan terumbu karang, menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungan, diharapkan semua bisa ikut menjaga, mengelola dan bersama-sama menikmati hasilnya," terangnya.

Sebelum melakukan transplantasi terumbu karang, para aetamu undangan dan peserta p diberikan sosialisasi terlebih dahulu tentang Pemulihan Ekosistem Terumbu Karang dengan narasumber Dr. Endang L. Widiastuti, PhD dari Kapuslitbang Pesisir dan Kelautan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Unila. Peserta yang hadir sendiri terdiri dari Fokorpimda, Segenap Anggota Lanal, masyarakat Desa Pahawang, serta Kelompok Sadar Wisata.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply