Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bina Potensi Maritim, Ratusan Pelajar SD dan TK Kunjungi KRI Tanjung Kambani 971


PEMUDA MARITIM – Kapal perang milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta selalu menarik perhatian bagi masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa.

Daya tarik kapal perang yang sandar di Kolinlamil ini dimanfaatkan puluhan bahkan ratusan pelajar sekolah untuk melihat dan mengenal langsung kapal perang kebanggaan negeri, salah satunya adalah KRI Tanjung Kambani 971.

Pelajar Sekolah Dasar Islam Assalam Kembangan Jakarta Barat dan Taman Kanak Kanak Islam Terpadu Daarul Maarif Pondok Kelapa Jakarta Timur dalam waktu yang bersamaan mengunjungi KRI Tanjung Kambani 971 yang sandar usai melaksanakan tugas, Kamis (23/11).

Sebanyak 144 pelajar SDI Assalam dan 86 pelajar TKIT Daarul Maarif begitu antusias untuk mengetahui seluk beluk kapal perang yang berjenis kapal angkut personil ini. Masing-masing dari mereka didampingi oleh 30 orang guru dari SDI Assalam dan 13 orang guru dari TKIT Daarul Maarif yang rata-rata juga belum pernah menaiki kapal perang.

Kunjungan anak sekolah ke KRI Tanjung Kambani 971 merupakan salah satu cara rangka membina potensi maritim sejak dini. Anak-anak yang masih muda belia diperkenalkan langsung dengan alusista yang dimiliki TNI AL, sehingga hal ini akan menumbuhkan minat belajar mereka.

Para guru dari kedua sekolah tersebut mengatakan kunjungan ini dimaksudkan  untuk melihat dari dekat Kapal Perang yang dimiliki TNI AL yang selama ini hanya dapat dilihat di layar televisi.

Untuk kali ini para murid SD dan TK tersebut dapat secara langsung menaiki kapal perang dan memberikan kebanggaan bagi mereka. Selain itu juga dapat melihat kondisi kehidupan prajurit matra laut di kapal perang dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Beberapa pelajar saat ditanya mengatakan sangat gembira menaiki kapal perang untuk pertama kalinya. Selain itu juga dapat melihat secara langsung gambaran kesibukan  pelabuhan Tanjung Priok, serta kondisi air laut di sekitar dermaga.

Dalam kunjungan tersebut para murid diajak berkeliling keseluruh bagian KRI Tanjung Kambani-971, dan  menerima penjelasan dari awak kapal tentang fungsi peralatan yang ada di kapal seperti persenjataan,  alat-alat navigasi pelayaran,  perlengkapan komunikasi,  serta peta laut. Pada kesempatan tersebut anak-anak mencoba kemudi kapal, teropong kapal, peluit, dan peralatan lainnya yang biasa dipergunakan dalam kegiatan pelayaran.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply