Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Kapan Mencicipi Keindahan Pantai Rancabuaya?


PEMUDA MARITIM – Memilih menghabiskan waktu liburan atau sekedar refresing untuk jalan-jalan dikawasan Wisata Jawa adalah salah satu hal bahagia yang bisa anda lakukan bersama keluarga ataupun rekan-rekan sejawat anda . Salah satunya di Paantai Rancabuaya. Pantai Rancabuaya ialah sebuah pantai yang berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Garut, Jawa Barat-Indonesia dengan ketinggian pantainya 0-200 meter diatas permukaan air laut.

Pantai ini memiliki perairan yang berwarna biru dengan bau yang normal dan temperatur juga normal. Ketinggian gelombangnya mencapai 1 meter dengan material dasar lautnya yang berupa pasir halus, batu karang dan pasir kasar termasuk di sepanjang garis pantai. Kemiringan lautnya landai serta banyak ditumbuhi oleh rumput laut dan gangga hijau sebagai flora yang dominannya. Stabilitas pantainya cukup baik karena memiliki tingkat abrasi yang rendah. Adapun yang menjadi flora dominan yang tumbuh di tepi pantainya ialah pohon kelapa dan pohon ketapang.

Kualitas lingkungan pantai ini cukup baik dan hampir tidak memiliki pencemaran. Hal ini bisa jadi karena keindahan wisata pantai ini yang belum begitu terespos. Pantai ini juga memiliki visabilitas bebas dengan tingkat kebisingan yang rendah. Pantai Rancabuaya memiliki total luas mencapai 1.524 hektar dimana, sayangnya, lahan yang baru dimanfaatkan untuk fasilitas wisata hanya 2 hektar saja. Untuk sistem pembuangan limbah di kawasan pantai mempergunakan tempat sampah non-permanen yang tersebar di dalam area pantai.

Sistem komunikasi di kawasan ini menggunakan telepon dengan jumlah yang memadai. Ada 2 sifat kegiatan pariwisata yang dapat dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, yaitu yang bersifat aktif hiking dan tracking serta yang bersifat pasif yaitu menikmati pemandangan. Pantai Rancabuaya ini memiliki fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai seperti hotel disekitar kawasan , selter-selter untuk berteduh di lingkungan pantai juga berbagai kios makanan. Bahkan tidak jauh dari lokasi pantai terdapat pos kesehatan yang merupakan sarana kesehatan umum bagi masyarakat.



Sumber: wisatajawa.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply