Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » KRI Bima Suci Jadi Legenda Baru Kapal Latih Indonesia


PEMUDA MARITIM – Kapal layar latih tiang tinggi KRI Bima Suci tiba di Jakarta disambut pendahulunya KRI Dewa Ruci di tenggara Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis pagi (16/11). KRI Bima Suci kelak akan menjadi legenda mengikuti jejak KRI Dewa Ruci.

KRI Dewa Ruci yang dikomandani Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, dan membawa 30 purnawirawan TNI Angkatan Laut, bertolak dari JICT II Tanjung Priok pada pukul 05.30 WIB menuju tenggara Pulau Damar, Kepulauan Seribu.

Tepat pukul 08.30 KRI Dewa Ruci sandar di dermaga dan disambut atraksi drum band siswa siswi SMP Hang Tuah 2. Berselang sekitar 30 menit kemudian KRI Bima Suci pun sandar di dermaga yang sama untuk menjalani upacara penyambutan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dihadiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Kerja.

Kedatangan kapal kelas layar latih Barque itu disambut atraksi sendratari bertajuk "Bima Suci" oleh Sanggar Tari Sasana Budaya.

Menhan Ryamidard Ryacudu saat pidato penyambutan kapal tersebut mengatakan, pembangunan kapal layar latih ini memang direncanakan untuk meneruskan tradisi keperkasaan, ketangguhan, dan kejayaan KRI Dewa Ruci yang saat ini telah genap berusia 64 tahun.

Dia mengatakan, KRI Dewa Ruci telah mengukir prestasi, di antaranya pelayaran muhibah keliling dunia pada tahun 1964 dan tahun 2012, serta berbagai prestasi lainnya pada festival kapal layar latih internasional, di benua Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.

"Diharapkan KRI Bima Suci yang baru ini dapat beroperasi dalam kurun waktu yang lebih lama dari KRI Dewa Ruci mengingat KRI Bima Suci ini dibangun pada era yang lebih modern dengan teknologi terkini. Walaupun tidak mengurangi sifat alamiah dari sebuah kapal layar latih tradisional," kata Ryamizard dalam keterangan tertulisnya.

Mantan KSAD era Presiden Megawati ini meyakini, KRI Bima Suci dapat berkontribusi secara optimal mengimplementasikan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melahirkan generasi muda yang cinta tanah air dan berkarakter kuat serta tangguh.

"Di mana Presiden menyampaikan bahwa Kita harus mendidik anak-anak kita, pemuda Indonesia, menjadi generasi pelanjut sejarah yang cinta tanah airnya, memiliki etika, budi pekerti, dan sopan santun, mempunyai karakter yang kuat dan tangguh," tandasnya.

KRI Bima Suci dibuat di galangan kapal Construcciones Navales Paulino Freire, Vigo, Spanyol, selama 22 bulan. Kapal bernomor lambung 945 tersebut bertolak ke Indonesia pada 18 September 2017, menyinggahi sembilan kota di lima negara dengan jarak tempuh 11.170 NM.

Kapal yang memiliki panjang 111,20 meter itu dikomandani Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji dan membawa 171 personel termasuk seorang jurnalis Perum Kantor Berita Antara. Kapal perang jenis layar latih KRI Bima Suci akan berada di Jakarta hingga 22 November untuk menggelar "open ship" sebelum berlayar ke Sabang, guna mengikuti "Sail Sabang" dan bertolak menuju Surabaya.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply