Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pesona Keindahan Bahari Pulau Weh-Aceh


PEMUDA MARITIM – Pulau Weh terkenal dengan satu kota yang dimilikinya, yaitu kota Sabang, Kota Sabang adalah sebuah kota kecil yang berada di ujung barat Indonesia dan juga bagian dari provinsi Aceh. Kurang lebih 15 menit perjalanan dari Tugu 0 Km. Atau 30 menit dari pusat Kota Sabang, kita dapat sampai di Pantai Iboih yang merupakan kawasan wisata yang telah dikelola oleh pemerintah dengan baik.

Untuk penyewaaan tersedia banyak alat-alat snorkling dan diving, untuk Snorkling berkisar sekitar 60 ribu satu set, harga ini belum termasuk sewa kapal, sewa kapal berkisar 200-300 ribu yang bisa berisikan 6-10 orang. untuk diving 500-600 ribu jika belum mempunyai sertifikat diving, tetapi jika sudah punya harganya 300-400 ribu.

Di sekitar kawasan wisata ini disediakan banyak penginapan, yang kebanyakan pengunjung penginapannya berasal dari mancanegara. Kali ini saya snorkling tidak di pantai Iboih, tetapi di perairan sekitar pulau Rubiah, pulau yang jaraknya sekitar 300 meter dari pantai Iboih, perjalanan menuju tempat snorkling begitu menakjubkan yang banyak dengan biota laut.

Dulu, sebelum banyak orang pergi haji menggunakan pesawat, orang-orang Indonesia pada menggunakan kapal laut, nah check point terakhir dari Indonesia adalah di pulau Rubiah-Aceh ini. Karena memang jika sudah sampai di sini, perjalanan kapal menuju Arab pun kurang lebih sekitar 1-2 minggu perjalanan laut, susah juga sih ngebayangin betapa beratnya pergi haji jaman dulu.

Keindahan laut di Aceh memang tak kalah dibanding dengan laut di timur Indonesia, walau pun karang-karangnya sudah banyak yang mati diakibatkan perubahan iklim, tetapi masih banyak juga karang-karang yang masih terlihat bagus dan Indah di sini.

Biru dan beningnya air laut di sini, membuat aktivitas snorkling makin mengasyikkan. Jika diving di sini, ada sesi menariknya, yaitu memberi makan ikan hiu, karena di perairan ini terdapat banyak ikan Hiu yang berasal dari Samudera Hindia. Tantangan itulah yang membuat banyaknya orang Bule atau wisatawan mancanegara yang datang ke sini, selain eksotisme bawah laut yang menakjubkan juga diiringi dengan aneka ragam hewan laut yang memberikan tantangan sendiri bagi yang berani menyapanya.

Mungkin itulah sebagian keindahan alam di Ujung Barat Indonesia-Pulau Weh. Sebenarnya di sana masih banyak lagi pantai-pantai bagus, tetapi belum terkelola dengan baik. Yah memang sebanyak-banyaknya kita mengenal destinasi wisata di Indonesia, tetap saja masih banyak lagi hidden paradise di negeri ini.



Sumber: superadventure.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply