Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pulau Panjang: Eksotisme di Utara Jawa


PEMUDA MARITIM – Pulau Panjang adalah pulau yang terdapat di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Pulau dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut (2,5 Km) dari Pantai Kartini, Jepara. Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon randu, asam jawa, dadap, serta pinus.

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, bisa melalui Pantai Kartini, Pantai Bandengan, atau Pantai Prawean. Namun dermaga penyeberangan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa berbeda. Di sini ada papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang.

Saat kami hendak menyeberang, tarif yang dikenakan untuk menyeberang dari Pantai Kartini adalah sebesar Rp13.000,00 (PP), menggunakan kapal kayu berkapasitas 10-15 orang. Waktu tempuh dari dermaga ke Pulau Panjang hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk mandi laut, snorkeling, dan bermain kano. Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung.

Bagian tengah pulau merupakan struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselingi perdu dan semak dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Pepohonan yang mendominasi adalah: randu, asem jawa, dadap, bahkan di sebelah timur banyak pohon pinus yang umurnya ratusan tahun.

Selain mandi laut, snorkeling, dan bermain kano, Anda juga bisa trekking mengelilingi pulau ini sambil menikmati segarnya angin laut, teduhnya pepohonan, dan tentu saja pemandangan hutan.

Karena kapal terakhir untuk kembali ke Pantai kartini adalah sekitar pukul 17.00 WIB, di perjalanan kemungkinan besar Anda bisa menikmati sunset.


Akses Transportasi:

  • Perahu Sapta Pesona dari Dermaga Pantai Kartini.
  • Perahu Wisata Bahari dari Dermaga Pantai Bandengan.
  • Perahu nelayan dari Pantai Prawean carter (sewa borongan).




Sumber: wisatajawa.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply