Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Pulau-Pulau di Makassar Ini Simpan Keindahan Bahari yang Wajib Dijelajahi


PEMUDA MARITIM – Makassar rupanya enggak cuma punya pantai memesona, bro. Beberapa meter dari bibir pantai, ada sejumlah pulau menawan yang menawarkan panorama yang tak kalah mengesankan. Pulau-pulau tadi dikenal pula dengan nama Kepulauan Spermonde yang bisa kalian capai dalam waktu 15 menit dengan speedboat. Selain desa-desa nelayan, pulau-pulau tersebut menjadi lokasi favorit para penyelam yang ingin menyaksikan langsung keindahan bahari di perairan Makassar.

Berikut ini adalah pulau-pulau di Spermonde yang dapat kalian sambangi.


Pulau Kayangan

Dari Makassar, kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk sampai di pulau Kayangan. Karena gelombang kuat yang kerap menerjang, ada pemecah gelombang yang akan kalian jumpai di pulau tersebut. Lokasi ini terbilang sudah modern karena ada sejumlah penginapan yang dapat kalian sewa kamarnya dan restoran sederhana untuk makan-makan. Lae-lae, salah satu kota di pulau Kayangan, tergolong padat penduduk. Di sini, kalian juga menyewa perahu dari warga sekitar.


Pulau Samalona

Berlokasi sekitar 7 kilometer dari Makassar, kalian akan menemukan pulau Samalona yang lebih tenang dibandingkan Kayangan. Di zaman penjajahan, pulau ini ditinggali secara eksklusif oleh Belanda dan tak boleh ada warga pribumi yang masuk. Samalona mempunyai hamparan pasir putih yang memikat dan terumbu karang di bagian utara pulau yang masih sehat. Kalau ingin bermalam, kalian bisa menginap di cottage yang berada di sekitar pulau Samalona.


Pulau Kodengareng Keke

Bisa dibilang Kodongareng Keke merupakan surga bagi para pecinta diving dan snorkeling. Seperti di Samalona, pesona bahari yang ditawarkan pulau ini bakal sulit ditolak dan membuat penyelam betah menjelajah di bawah air. Kemudian, kalian juga bisa menginap di resor atau tempat penginapan lainnya yang berada di pulau Kodengareng Keke. Dari Makassar, wisatawan akan menempuh jarah sekitar 12 kilometer untuk mencapai pulau ini.


Pulau Lanyukan dan Kapuposang

Masih belum menemukan tantangan? Berarti kalian harus datang ke Lanyukan dan Kapuposang, pulau-pulau yang terletak sekitar 37-70 kilometer dari Makassar. Tak seperti di tempat-tempat lain, Lanyukan dan Kapuposang memungkinkan kalian buat bersua dengan mante, barakuda, hingga hiu karena lokasi pulau ini menghadap langsung ke laut dalam. Bahkan di Kapuposang—yang berbatasan dengan tepi dari kontinen Australia dari Asia—kalian akan menemukan cemara dan kelapa.


Jadi, tertarik buat menyelam di perairan Makassar?



Sumber: superadventure.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply