Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Dua Lanal di Lantamal V Miliki Pimpinan Baru


PEMUDA MARITIM – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi dan Batuporon di Lapangan Balai Prajurit, Lantamal V Jl. Kalianak Timur, Pesapen, Surabaya, Selasa (28/11).

Komandan Lanal Batuporon diserahterimakan dari Letkol Marinir Ena Sulaksana kepada Letkol Laut (P) Teguh Wibowo. Sedangkan Komandan Lanal Banyuwangi diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Nazarudin kepada Letkol Laut (P) Suhartaya.

Hadir dalam upacara tersebut Wadan Lantamal V Kolonel Mar Nana Rukmana, Asrena Lantamal V Kolonel Laut (S) Johanes Tambunan, Asintel Lantamal V Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar, Asops Lantamal V Kolonel Laut (P) Aries Hadijadi W, Aspers Lantamal V Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, Dan Pomal Lantamal V, Kadiskes Lantamal V, Kakuwil Lantamal V, Para Danlanal jajaran Lantamal V, Dandenma Lantamal V, Dansatkamla Lantamal V, Danyonmarhanlan V, dan Ketua beserta pengurus Jalasenastri Korcap V DJAT lainnya.

Sertijab dua jabatan strategis di jajaran Lantamal V ini, melibatkan pasukan upacara dari satu SST Satsik Lantamal V, satu SST Pama Lantamal V, satu SST Pomal Lantamal V, satu SST Bintara Lantamal V, satu SST Tamtama Lantamal V, satu SST Yonmarhanlan V, dan dua SST ASN Lantamal V dengan Komandan Upacara yaitu Mayor Laut (T) Andre Hadi Susilo, Kasubdis Bekca Disbek Lantamal V.

Rangkaian serah terima jabatan diawali dengan penanggalan dan penyematan tanda jabatan, Penyerahan lambang kesatuan dari pejabat lama kepada inspektur upacara, Penyerahan lambang kesatuan kepada pejabat baru, penandatanganan naskah serah terima jabatan dan laporan resmi.

Komandan Lantamal V dalam amanatnya mengatakan bahwa tugas pokok pangkalan TNI yang harus diimplementasikan dalam fungsi utamanya adalah sebagai tempat dukungan logistik dan administrasi terhadap kesiapan operasional satuan operasi, perawatan personil, serta dukungan terhadap gelar kekuatan dan kehadiran unsur satuan operasi di laut secara efektif dan efisien.

Sedangkan dalam fungsi keamanan laut, tugas pangkalan TNI AL yaitu menyelenggarakan operasi terbatas guna mewujudkan stabilitas keamanan laut di daerah yang didukung, penyelenggaraan fungsi yustisi dalam rangka menyelesaikan kasus-kasus tindak pidana tertentu di dan lewat laut, serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap TNI AL selaku aparat penegak kedaulatan dan hukum di laut.

Fungsi pemberdayaan wilayah pertahanan laut yaitu pemberdayaan potensi maritim di daerah guna menunjang upaya pertahanan dan keamanan laut.

"Melalui implementasi fungsi-fungsi tersebut diharapkan Lanal Batuporon dan Lanal Banyuwangi diharapkan dapat menerapkan peran dan kontribusi yang positif bagi terwujudnya ketahanan wilayah baik dari aspek geografis maupun aspek dinamis sehingga keberadaan pangkalan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi kepentingan TNI AL dan Kepentingan lingkungan di mana berada," jelas orang nomor satu di Lantamal V tersebut.

Lebih lanjut, Danlantamal V mengatakan harapannya agar para pimpinan baru di kedua Lanal tersebut mampu memaksimalkan potensi lingkungan yang dimilikinya.

"Ditinjau dari kondisi geografis serta perkembangan lingkungan strategis dewasa ini, dengan melihat wilayah kerja Lanal Batuporon dan Lanal Banyuwangi yang luas, jika dihadapkan pada tugas, peran, dan fungsi suatu pangkalan, tampak jelas bahwa keberadaan Lanal Batuporon dan Banyuwangi mempunyai peran yang penting. Hal ini dapat dilihat dari besarnya potensi yang ada di kawasan masing-masing," lanjutnya.

Di sisi lain pangkalan merupakan ujung tombak dalam pembinaan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Implementasi dari upaya tersebut antara lain dengan pelaksanaan Operasi Bhakti dan Pembinaan Desa pesisir di wilayah kerja Lanal tersebut.

"Pembinaan Desa Pesisir merupakan suatu upaya peningkatan kualitas kehidupan masyarakat desa pesisir, utamanya nelayan agar dapat meningkatkan kesejahteraan sekaligus memberikan kontribusi bagi peningkatan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah yang menyangkut peningkatan karya dan kegiatan usaha di laut," pungkasnya.

Terlaksananya tugas pokok tersebut tentu tidak terlepas dari hubungan dan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, instansi militer lainnya, Polri, serta segenap lapisan masyarakat.



Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply